Jumat, 07 September 2018

Khasiat buah tomat dan manfaatnya bagi kesehatan

KANDUNGAN GIZI TOMAT MASAK /100 GRAM
-Kalori 20 KAL
-Protein 1,0 gr
-Karbohidrat 4,2 gr
-Kalsium 5 mg
-Vitamin A 1500 SI
-Vitamin C 40 mg

KEISTIMEWAAN DARI BUAH TOMAT
Buah tomat kaya antioksidan ;
Keistimewaan dari buah tomat adalah :
Tingginya kandungan likopen,selain dari memberikan warna merah pada buah tomat,likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan likopen juga dapat menurunkan resiko terkena kanker,terutama kanker prostat,lambung,tenggorokan,dan usus besar.Kandungan asam klorogenat dan asam P-kunarat didalam tomat sangat baik bagi kesehatan mata.

Banyak varietas buah tomat,seperti buah yang berukuran besar,tomat sayur dengan ukuran kecil dan tomat ceri yang hanya sebesar kelerang.Apapun jenisnya dapat mengandung unsur gizi yang hampir sama,yakni kaya akan vitamin C,mineral,serat dan zat fito nutrin.

Zat lain seperti tomatin didalam tomat bersifat sebagai anti flamasi yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat jika demam tomat juga mempunyai anti penetik atau penurun demam serat tinggi didalam tomat mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

MANFAAT TOMAT MENCEGAH PENGUMPALAN DARAH
Manfaat tomat sebenarnya sudah diteliti sejak lama seperti penelitian DR.Jhon Cook Bernet dari wiloughoby university ohio yang dilakukan pada november 1834.Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa tomat dapat mengobati pencernaan,diare, memulihkan fungsi lever dan serangan empedu.Tomat juga dapat mengubah pengumpalan darah penyebab stroke dan penyakit jantung.Tomat mampu juga meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegisitan gerakannya.



Hampir semua orang mengenal tomat(Licoper sicum escu lentum),buah tomat mengandung beragam nutrisi bermanfaat bagi kesehatan.

Semoga paparan artikel tentang manfaat dan khasiat buah tomat bisa bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerpen|Diungkap dari kisah nyata, Wisuda di balik jeruji penjara

DI UNGKAP DARI KISAH NYATA| TOGA WISUDA DI BALIK JERUJI PENJARA Malam tak terasa telah menyelimuti tubuh G,angin malam mulai menyeka p...