Langsung ke konten utama

PEPOHONAN SURGA


BENTUK PEPOHONAN SURGA MENURUT RASULALLAH S.A.W.
Bagaimana bentuk pepohonan surga?Dan tentu saja kita belum mengetahuinya?Ada baiknya kaitan artikel ini sesuaikan dengan hadits dan Dalil yang ada tentang Bentuk atau rupa pepohonan surga.Semoga dengan artikel yang memaparkan tentang pepohonan surga ini,bisa bermanfaat bagi responden muslimin dan muslimat  mukminin dan mukminat dipersada dunia.

Ka'ab r.a berkata : Telah saya tanyakan kepada Rasulallah s.a.w,tentang pepohonan surga maka beliau bersabda : Tidak pernah kering cabang-cabangnya dan tidak pula daun-daunnya berguguran,basah tiada sirna.Pepohonan surga yang paling besar adalah Thuba,akar-akarnya dari intan,batang-batangnya dari yaqut,cabang-cabangnya dari zabarjut dan daun-daunnya dari sutra halus.Diatasnya terdapat tujuh puluh ribu daun dan cabang.Cabang-cabangnya bertemu dengan kaki Arsy.Dan serendah-rendah cabangnya berada dilangit dunia.Tiada dalam surga itu tingkat,kubah dan tiada pula pohon,yang ada hanyalah cababg-cabang pohon thuba yang mengayomi surga .Padanya terdapat buah-buahan yang dikehendaki setiap jiwa.Misalnya dari pohon Thuba didunia adalah Matahari.Aslinya di angkasa tetapi cahanya kesetiap tempat.

PENDAPAT ALI R.A TENTANG POHON SURGA
Ali r.a berkata : Saya sangat yakin atas berita bahwa pepohonan surga berasal dari perak,sedangkan daun-daunnya sebagian dari emas.Apabila batang pohon itu dari emas,maka cabang-cabangnya dari emas.Pepohonan dunia dunia akarnya dibumi dan cabangnya-cabangnya diudara,karena dunia adalah tempat fana.Akan tetapi pohon-pohon surga tidaklah demikian halnya,akarnya di udara dan cabang-cabangnya di hamparan.
Firman Allah SWT di dalam Al-Qur'an Qs Al-Haqqah :23-24.
Artinya : Buah-buahan dekat,maka makan dan minumlah seenaknya sebagai balasan dari apa yang telah kalian lakukkan pada hari-hari yang telah berlalu.

TENTANG KEINDAHAN SURGA DAN ISINYA
Daun debu tanah surga itu berupa kasturi,ambar dan kafur.Daun-daunnya terdiri dari susu,madu,arak dan air yang sangat jernih.Apabila angin bertiup menerpa dedaunan,maka berbenturan lah daun yang indah yang tidak pernah keindahan suara semacam itu terdengar.

Ali r.a berkata,bahwasanya Rasulallah s.aw. bersabda : Sesungguhnya didalam surga itu terdapat pohon yang bagian atasnya keluar perhiasan dan bagian bawahnya keluar kuda yang memiliki sayap,lagi pula diberi pelana dan kendali yang lak dengan intan dan yaqut.Dia tidak pernah mengeluarkan kotoran dan tidak pula buang air kecil.Maka wali-wali Allah SWT,menungganginya dan terbanglah dia bersama mereka disyurga.Lalu berkatalah orang-orang berada dibawahnya,wahai Tuhanku lantaran apa hamba-hamba-MU itu mencapai karomah semcam itu? Maka Allah SWT berfirman pada mereka,"Mereka itulah orang-orang yang melakukan shalat sedang kalian semua tidur.melakukan puasa sedangkan kalian tidak,berjihad membela agama Allah sedangkan kalian duduk disisi istri-istri kalian, dan mereka bersedekah dengan harta mereka dijalan Allah sedang kalian semua kikir.

KETERANGAN ABU HURAIRAH R.A TENTANG SURGA
Dari Abu Hurairah r.a,sesungguhnya didalam surga itu terdapat sebuah pohon.Para pengandara berjalan dibawah naungannya selama seratus tahun dan tidak pernah mereka putuskan pohon tersebut.
Firaman Allah di dalam Al-Qur'an Qs. Al-Waqi'ah : 30-33.
Artinya : Dan naungan yang memanjang air yang berada dalam gelas,buah-buahan yang banyak tiada pernah putus dan tiada pula terlarang.

Ibarat waktu didunia yaitu waktu sebelum matahari terbit dan sesudah tenggelam hingga mega kelihatan dan gelap malam menutupinya didunia,waktu itulah yang dikatakan naungan yang panjang.
Firman Allah SWT didalam Al-Qur'an Qs.Al-Furqon : 45
Artinya :
Tidakkah kau perhatikan Tuhanmu bagaimana DIA memanjangkan naungan.

Maksudnya yaitu waktu sebelum terbitnya matahari dan sesudah terbenamnya hingga terdapat gelapnya malam.
Diriwayatkan dari Rasulallah s.a.w bahwa beliau bersabda :
Tidaklah pernah aku khabarkan padamu tentang waktu,yaitu waktu yang serupa dengan waktu di surga.Dialah waktu sebelum terbit matahari,bayang-bayangnya adalah panjang,rahmatnya menyeluruh dan berkahnya banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…