Minggu, 23 September 2018

RAHASIA KELEZATAN MASAKAN


RAHASIA KHUSUS DALAM LEZATNYA MASAKAN
Kenikmatan masakan terletak pada pemakaian bumbu yang tidak pelit.Berikut adalah beberapa bumbu rahasia dapur yang menjadikan masakan populer hingga kemanca negara.

REMPAH DAUN 
Diantaranya adalah daun jeruk,daun kunyit,daun salam,daun ruku(tidak dapat diganti daun kemangi)dan daun mangkokan.

REMPAH KERING
Selain ketumbar,merica,jintan,adas manis,batang kayu manis,pekak,kapulaga putih,klabet,dan kemiri,bumbu masakan khas selalu memakai kapulaga hijau dan kaskas,menimbulkan aroma dan ras kari yang makin nyata.

TEKNIK MENGHALUSKAN BUMBU
Untuk membuat porsi besar,kini dijual bumbu halus yang praktis dan ekonomi.Jika ingin membuat bumbu sendiri,sebaiknya baeang merah,baeang putih,kemiri,jahe,lengkuas,dan kunyit diparut terlebih dahulu agar lebih mudah dihaluskan.

Untuk bumbu bebijian,seperti ketumbar,merica,jintan,adas,kapulaga,cengkih,kayu manis batangan,sebaiknya di sangrai sebentar sehingga harum kemudian dihaluskan.

TEKNIK MEMASAK
Tak ada alat khusus maupun teknik yang payah(njimet)untuk membuat masakan.Tapi hasilnya,sungguh membuat kangen siappun yang menyantapnya.Berikut teknik memasak yang kerap dilakukan didapur respnden.

MERENDANG
Teknik perbusan dengan api kecil menghasilkan rendang yang kering,empuk,hitam,berminyak,dan berbedak banyak.Supaya daging tidak hancur,setelah empuk dan lunak,angkat dari santan perbusnya.Sementara sisa santan dimasak terus dengan api kecil hingga kental.Masukkan kembali daging aduk hingga kering dan berminyak.Angkat.
Cara memanaskan rendang :
Panasakan 3 sdm minyak rendang(minyak yang keluar dari rendang.
Tumis 7 siung bawang putih yang diiris halus hingga harum kekuningan.
Masukkan 1 kg rendang,aduk hingga panas berupa.Angkat dan hidangkan.

MEMBLADO
Hampir semua bahan,seperti seafood,telur,ikan,ayaam,daging,bebek,dendeng sapi bisa digarap menjadi balado yang sedap.Bumbu balado terdiri atas cabai merah,cabai hijau,bawang merah,bawang putih,tomat garam,air jeruk,tumis setengah matang hingga harum,angkat.Tumbuk bumbu kasar-kasar lallu ditumis lagi dalam minyak banyak dengan api kecil hingga harum dan matang(tidak beraroma bumbu mentah).

MENGGULAI
Hidangan berkuah disebut gulai,walaupun kuahnya dari santan.Bumbu gulai resep lama umumnya tidak ditumis,tapi langsung didihkan bersama santan.Tapi kini sebelum dihaluskan,bumbu gulai ditumis terlebih dahulu untuk mengusir aroma langu pada bumbu mentah,dan menghaluskan warna gulai yang cerah.Sedangkan gulai yang memakai daging isian,bumbu halusnya ditumis lalu masukan daging cairan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...