Sabtu, 06 Oktober 2018

Hak wanita muslimah menjaga dengan baik sumpahnya kepada muslimah lainnya

Gambar : Ilustrasi

AISYAH R.A TENTANG SUMPAH WANITA MUSLIMAH TENTANG MAKANAN 
Dari aisyah r.a,bahwasanya ada seorang wanita yang memberikan hadiah kurma kepadanya.Lalu dia memakan sebagian dan menyisakan lainnya seraya mengatakan : Aku bersumpah untuk tidak memakan sisanya.Kemudian Rasulallah s.a.w bersabda : Berbuat baiklah kepadanya,karena sesungguhnya dosa itu berlaku bagi yang melanggar sumpah.(HR.Ahmad).

BERSIKAP RIDHO TERHADAP SUMPAH
Dari Ibnu Umar r.a,dia menceritakan Rasulallah s.a.w pernah mendengar seorang laki-laki bersumpah,dengan menyebut nama ayahnya,lalu beliau bersabda : Janganlah kalian bersumpah dengan menyebut ayah-ayah kalian.Barang siapa bersumpah dengan menyebut nama Allah,maka hendaklah dia jujur.Dan barangsiapa diucapkan dengan sumpah kepadanya dengan menyebut Allah,maka dia bukan dari golongan hamba Allah.(HR.Ibnu Majjah).
Dari Abu Hurairah r.a Rasulallah s.a.w bersabda : Isa Putra Maryam pernah melihat seseorang mencuri,lalu dia bertanya : Apakah kamu telah mencuri? Tidak,demi Allah yang tiada ILAH melainkan dia,jawab orang itu.Kemudiaan Isa berkata : Aku beriman kepada Allah,aku telah mendustai penglihatanku sendiri(HR.Ibnu Majjah).

HUKUM WANITA YANG MELANGGAR SUMPAH KARENA LUPA
Alllah Swt berfirman :
Artinya Dan tidak ada dosa bagi kalian terhadap apa yang kalian khilaf padanya.(Q.sAl-Ahzab).

Allah swt berfirman :
Artinya : Musa berkata : Janganlah engkau(Allah) menghukum aku karena kelupaanku dan janganlah kamu membebani aku dengan sesuatu kesulitan dalam urusanku.(Qs.Al-Kahfi : 73).
Dari Abdullah bin Amir bin Ash r.a,dia menceritakan,bahwa ketika Rasulallah s.a.w berkhutbah pada hari Idul Adha ada seseorang yang berdiri menghadap kepada beliau seraya berucap : Wahai Rasulallah,aku mengira begini begitu.Lalu laki-laki lain lagi berdiri seraya mengucapkan : Wahai Rasulallah s.a.w aku mengira begini begitu terhadap tiga orang.Belaiu menjawab kerjakanlah dan tiada dosa bagimu serta semua dari mereka pada hari itu.Pada hari itu beliau tidak ditanya tentang sesuatu,kecuali mengatakan,kerjakanlah dan tiada dosa bagimu.(HR.Bukhari).

Dari Ibnu Abbas r.a dia menuturkan ada seseorang yang mengatakan kepada Rasulallah s.a.w aku berziarah sebelum melempar jumrah.Tidak ada dosa bagimu,jawab beliau.Lalu ada orang lain yang mengatakan :Aku mencukur rambut sebelum aku menyembelih hewan qurban.Beliau memberikan jawaban,Tidak ada dosa bagimu.Aku menyembelih kurban aku melempar jumrah,kata orang yang lain.Maka beliau menjawab,Tidak ada dosa bagimu.(HR.Bukhari).

MACAM-MACAM SUMPAH
Sumpah ada tiga :
Sumpah Laghawi
Sumpah Mun Aqad 
Sumpah Ghamus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...