Sabtu, 20 Oktober 2018

Hukum Bagi Wanita Yang Ziarah Kubur


PENDAPAT ABDULLLAH BIN ABI MULAIKAH TENTANG HUKUM ZIARAH KUBUR BAGI WANITA
Barangkali tiap tahun pada bulan ramdhan dan hari kedua Idul Fitri kita selalu melakukan ziarah kemakam-makam saudara-saudari kita,family dan handai taulan kita yang telah mendahului selangkah dari pada kita.
Nah?Kali ini kita akan membahas trntang bagaimana hukum wanita yang ziarah kubur.Dari Abdullah bin Abi Mulaikah ia bercerita : Pada suatu hari,Aisyah pernah datang dari kuburan.Lalu aku bertanya kepadanya : Wahai Ummul Mukminin,dari mana engkau?Aisyah menjawab : Dari kuburan saudaraku,Abdurrahman,Kemudian kutanyakan lagi : Bukankah Rasulallah melarang Ziarah Kubur? Akan tetapi kemudian menyuruhnya.(HR.Alhakim dan Albaihaqi).
ABU BURAIDAH HUKUM DAN WANITA BERZIARAH KUBUR
Dari Abu Buraidah,dari ayahnya,ia mengatakan :Rasulallah s.a.w mengatakan Rasulallah s.a.w bersabda :
Artinya : Kami melarang kalian berziarah kubur,maka sekarang berziarahlah.Karena dalam berziarah terdapat peringatan(HR.Abu Dawud).

Seandainya Rasulallah s.a.w memakruhkan hal itu,niscaya beliau tidak menganjurkannya,Hadist tersebut diatas menunjukkan diperbolehkannya berziarah kubur bagi wanita muslimah.Sedangkan mengenai hadists Rasulallah s.a.w yang artinya : "ALLAH melaknat wanita-wanita yang berziarah kubur(HR.Ahmad,Ibnu Majjah dan Tirmidzi).Yang dijadikan sebagai hujjah bagi sebagian ulama yang memakruhkan ziarah kubur bagi kaum wanita ditanggapi oleh Imam Al-Qurthubi dengan mengatakan : Bahwa laknat dalam hadist tersebut hanya ditujukan bagi wanita-wanita yang ziarah kubur.Karena di anggap sebagai yang berlebih-lebihan dan bahkan mungkin hal itu akan mengakibatkan kaum wanita melupakan suaminya.Disisi lain,ia lebih mengutamakan tabarruj(bersolek).
Diriwayatkan dari Abu Hurairah,dimana ia menceritakan :
" Rasulallah s.a.w pernah mendatangi kuburan ibunya,lalu ia menangis.maka orang-orang disekitarnya pun ikut menangis.Selanjutnya beliau berkata : Aku telah meminta Izin kepada Allah untuk memohonkan ampunan baginya.Akan tetapi,dia tidak mengizinkan aku,Lalu aku meminta izin untuk menziarahi kuburnya.Maka ia memberikan izin kepadaku.Oleh karena itu,berziarah mengingatkan kalian pada akhirat.(HR.Abu Dawud).

AMAL SHALEH SETELAH MATI 
Diantara amal shaleh yang dapat menambah pahala orang yang telah meninggal dunia adalah pembangunan sekolah yang menjadi tempat belajar generasi muda dari kaum muslimin.Atau pembangunan rumah sakit yang mengobati orang-orang yang menderita sakit,Masjid-Masjid yang didalamnya disebut asma Allah.Atau memberikan sejumlah mushaf(Al-Qur'an)yang diahadiahkan secara cuma-cuma bagi kaum muslimin untuk di kaji isinya.Atau anak  Yang shaleh baik laki-laki dan wanita yang senantiasa mendo'akannya.
Hal ini disebutkan dalam hadist Rasulallah s.a.w :
Artinya : Apabila seseorang meninggal dunia,maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga hal :
- Sedekah Jahriah
-Ilmu yang bermanfaat
-Dan Anak yang shaleh yang senantiasa mendo'akannya(HR.Muslim,Abu Dawud dan Tirmidzi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The type of woman to be married in Islam

From Mugribin bin Syu'bah, he said: I once proposed a woman, then the Prophet S.a.w said: Look because, that will preserve the lo...