Jumat, 19 Oktober 2018

Ketentuan Mengenai Jarak Yang Membolehkan Qashar Shalat


KETERANGAN YAHYA BIN YAZID MENGENAI JARAK MEMBOLEHKAN QASHAR
Dari Yahya bin Yazid,ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Anas bin Malik mengenai mengqashar shalat dan ia menjawab :
Apabila Nabi melakukan perjalanan sepanjang tiga mil atau qhasar farsakh,maka beliau mengerjakan shalat dua raka'at(mengqashar shalat nya).(HR.Ahmad,Muslim,Abu Dawud dan Baihaqi).
Dalam kitabnya Fathul Bahri,Alhafish Ibnu Hajar mengungkapkan,bahwa hadist ini berstatus shahih yang menjelaskan secara jelas dan gamblang mengenai masalah tersebut.

TENTANG FARSAKH DAN MIL JARAK MEMBOLEHKAN QAHAR SHALAT
Dalam hadist tadih didukung oleh riwayat Abu Sa'id Al-Khudri,dimana ia pernah berkata : Apabila Rasulallah s.a.w melakukkan perjalanan sejauh farsakh,maka beliau mengqashar shalatnya(HR.Sa'id bin Manshur dan oleh disebutkan Al-Hafizh Ibnu Hajar didalam kitabnya At-talkhis serta diberikan pengakuan melalui sikap diamnya.Sebagaimana yang diketahui,bahwa satu farshakh itu kurang lebih sama dengan tiga mil.Sehingga dengan demikian,hadist dari Abu Sa'id  Al-Khudri tersebut menghilangkan keraguan ya g terdapat pada hadist dari Anas bin Malik,sekaligus dijelaskan : bahea jarak meminum perjalanan untuk dapat mengqhasar shalat itu seperti yang dilakukan oleh Rasulallah s.a.w adalah tiga mil.Satu farsakh sama dengan 5441 meter,sedangkan satu mil sama dengan 1748 meter.Ada juga yang berpendapat yang mengatakan berdasarkan satu riwayat,bahwa batas minimal dari perjalanan untuk mengqashar shalat adalah satu mil.(HR.Ibnu Abi Syua'ibah dengan isnad shahih dari Ibnu Umar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Get to know women who are to be proposed in Islam

 KNOWING WOMEN   WHICH WILL BE HUNGER   BEFORE MARRIAGE.   Application is the first step of a marriage. This has been prescribed b...