Kamis, 04 Oktober 2018

MENERANGKAN TENTANG PANGGILAN


TENTANG MENERANGKAN PANGGILAN PADA MAYIT
Dalam suatu Hasist diriwayatkan,apabila ruh itu berpisah dengan badan,maka dipanggilah atau diserulah dari langit dengan tiga seruan :
Seruan pertama :Wahai anak Adam,kaliankah yang meninggalkan dunia atau dunia yang meninggalkan kalian?
Panggilan Kedua : Kaliankah yang mengumpulkalkan dunia atau dunia yang mengumpulkan kalian.
Panggilan Ketiga : Kaliankah yang mengalahkan dunia atau dunia yang mengalahkan kalian?

KETIKA MAYIT DILETAKKAN DI ATAS PEMANDIAN
Ketika mayit tersebut diletakkan diatas pemandian,diserulah dia dengan tiga seruan :
Seruan pertama : Wahai anka Adam,dimanakah badanmu yang kuat,lalu apa yang menyebabkan kamu menjadi lemah?
Seruan kedua : Dimankah lisanmu yang fasih dan apa yang menyebabkan nya menjadi diam?
Seruan ketiga : Dimanakah kekasih-kekasihmu,lalu apa yang menyebabkan  kamu susah?

PANGGILAN PADA MAYIT KETIKA DIKAFANI
Ketika mayit diletakkan dalam kain kafan,diserulah dengan tiga seruan :
Wahai anak Adam,kamu akan pergi dalam bepergian jauh yang tanpa bekal dan keluar dari rumahmu dan tidak kembali lagi selama-lamanya,dinaikkan seekor kuda yang tidak pernah kau naiki sebelumnya dan selama-lamanya dan kembali kesebuah rumah yang penuh dengan kesusahan dan kerepotan ialah kubur.

KETIKA MAYIT DILETAKKAN DIATAS KERENDA 
Dan ketika mayit diletakkan dikeranda,diserulah dengan tiga seruan : Wahai anak Adam beruntunglah kamu apabila kamu mati dalam keadaan bertaubat,beruntunglah kamu apabila amal-amalmu baik,beruntunglah kamu apabila sahabat dan sanak kerabat memperoleh keredhoan Allah Ta'ala.Akan tetapi celaka bagimu apabila sanak kerabat dan sahabatmu dimurkai Allah.

PANGGILAN KETIKA MAYIT DI SHALATI
Ketika mayit diletakkan untuk di shalati,maka berserulah dengan tiga seruan : Wahai anak Adam,setiap perbuatan yang telah kau lakukan akan kau ketahui,apabila perbuatan-perbuatanmu jahat akan engkau peroleh kejahatan tersebut.

PANGGILAN KETIKA MAYIT DILETAKKAN DITEPI KUBUR
Apabila mayit diletakkan di tepi kubur,diserulah dengan tiga seruan :
Wahai anak Adam,bekal apa yang engkau bawa dan persiapkan?Didalam dunia yang penuh keramaian untuk menghadapi tempat kubur ini?Bekal apa yang engkau bawa dari kekayaanmu untuk menghadapi kegelapan kubur ini?

PANGGILAN TERHADAP MAYIT KETIKA DILETAKKAN DILIANH LAHAT
Dan ketika mayat diletakkan didalam liang lahat,diserulah dengan tiga seruan : Wahai anak Adam,kamu telah tertawa dipermukaaanku,sekarang engkau menangis diperutku,kamu telah bersenang-senang di permukaanku,sekarang susahlah kamu dalam perutku,kamu telah bicara dipermukaanku  sekarang jadilah kamu diam diperutku.

PANGGILAN PADA MAYIT KETIKA PENGGIRING MENINGGALKAN KUBUR
Dan ketika semua orang(pengiring)telah meninggalkannya,maka Allah Swt berfirman :Wahai hamba-KU,kamu tinggal seorang diri,dan tak seorang teman pun,yang ada karena mereka telah meninggalkanmu dalam kegelapan kubur.
Sedangkan kamu durhaka terhadap-KU demi mereka,demi istrimu,demi anak-anakmu.Sedangkan AKU adalah sangat kasih kepada-MU,pada hari ini curahan dan rahmat yang dikagumi oleh semua makhluk dan AKU-lah yang sangat mengasihimu dibanding dengan kasih orang tua terhadap anak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerpen|Diungkap dari kisah nyata, Wisuda di balik jeruji penjara

DI UNGKAP DARI KISAH NYATA| TOGA WISUDA DI BALIK JERUJI PENJARA Malam tak terasa telah menyelimuti tubuh G,angin malam mulai menyeka p...