Rabu, 14 November 2018

Larangan dikerjakan bagi Wanita Haid da Nifas| Agus Diar TV





DEFINISI HAID
Haid adalah : darah yang keluar dari rahim dinding seorang wanita apabila telah menginjak masa baligh.Paling cepat satu hari satu malam dan paling lama lima belas hari.Sedangkan yang normal adalah enam atau tujuh hari.

Sedangkan paling cepat masa sucinya adalah tiga sampai lima belas hari dan yang paling lama tidak ada batasnya.Akan tetapi,yang normal adalah dua puluh tiga atau dua puluh empat hari.

AMALAN YANG DILARANG UNTUK DIKERJAKAN BAGI WANITA YANG MENJALANI HAID
Pertama Shalat
Wanita yang sedang menjalani haid dilarang untuk mengerjakan Shalat.Hal ini didasarkan pada hadist dari Rasulallah s.a.w :
"Apabila datang masa haidmu,maka tinggalkanlah Shalat.(HR.Mutafaqun Alaih).

Aisyah r.a ia bercerita :
" Kami pernah menjalani masa haid pada zaman Rasulallah,maka kami diperintahkan mengqadha' puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadhakan Shalat.(HR.Muttafaqun Alaih).

Kedua Puasa
Wanita muslimah yang menjalani masa haid tidak diperknankan untuk menjalankan ibadah puasa.Hal ini didasarkan pada sabda Rasulallah S.a.w :
"Bukanlah salah seorang diantara kaum wanita apabila menjalani masa haid tidak mengerjakan shalat dan tidak pula berpuasa?Para sahabat wanita menjawab : Benar.(HR.Bukahri).

Namun demikian,wanita yang menjalani masa haid berkewajiban mengqadha'puasa yang ditinggalkan setelah masa haidnya selesai.Ibnu Mundzair pernah meriwayatkan bahwa wanita yang tengah menjalani masa haid berkewajiban mengqadha puasa.

Ketiga membaca Alqur'an
Bagi wanita yang menjalani haid diperbolehkan membaca Alqur'an,tetapi tidak boleh menyentuh mushhafnya.Disamping itu ada pula hadist yang diriwayatkan Imam Tarmidzi dari Ibnu Umar,yang berstatus sebagai hadist marfu :
" Wanita yang tengah menjalani masa haid dan juga sedang dalam keadaan junub tidak boleh sama sekali membaca Al-Qur'an.(HR.Tirmidzi).

Keempat Menyentuh Alqur'an
Diharamkan wanita yang sedang haid menyentuh Alqur'an hal ini didasarkan firman Allah SWT :
"Tidak menyentuhnya( Al-Qur'an),kecuali hamba-hamba-KU yang disucikan(Qs.Al-Waqi'ah 79).

Kelima berdiam diri di Masjid
Sebagaimana telah diuraikan dalam pembahasan masalah mandi,bahwa wanita yang sedang haid tidak boleh berdiam diri di Masjid.

Keenam ,Berhubungan Badan
Seorang Istri Muslimah yang sedang haid tidak diperkenankan bersetubuh(bersenggema) selama menjalani masa haidnya.Sebagaimana Firman Allah Azza Wa Jalla:
" Karena itu,hendaklah kalian menjauhkan diri,dari mereka pada waktu haid dan janganlah kalian mendekati mereka,sebelum mereka benar-benar suci(Qs.Al-Baqarah : 222).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerpen|Diungkap dari kisah nyata, Wisuda di balik jeruji penjara

DI UNGKAP DARI KISAH NYATA| TOGA WISUDA DI BALIK JERUJI PENJARA Malam tak terasa telah menyelimuti tubuh G,angin malam mulai menyeka p...