Minggu, 25 November 2018

News|Hukum orang yang berulang kali mencuri|Agus Diar TV

Ilustrasi gambar hukuman bagi pencuri menurut hukum islam

HUKUM ORANG YANG BERULANG KALI MELAKUKAN PENCURIAN
Hai gyus kali ini news akan mengulas sedikit tentang hukum orang yang melakukan pencurian berulang kali.Para ulama bersepakat bahwa pada pencurian pertama di potong tangan kanannya,jika melakukan pencurian yang kedua kalinya,maka dipotong kaki kirinya.

PARA FUQAHA BERBEDA PENDAPAT TENTANG HAL INI
Pendapat para Fuqaha mengenai pencuri uang dilakukan dipotong tangan kanan dan kaki kirinya.Mayoritas dari mereka berpendapat dipotong tangan kirinya.Jika masih juga mencuri,maka diberikan kepadanya hukuman ta'zir dan sekaligus dipenjarakan.Demikian menurut Imam Syafi'i.Sedangkan Imam Abu Hanifah mengatakan : Tidak dipotong tangan kiri dan kaki kirinya melainkan hanya diberi hukuman ta'zir dan sekaligus dipenjarakan.

Hukuman potong tangan ini dapat gugur dengan diberikannya maaf oleh orang yang dicuri sebelum keputusannya diserahkan kepada penguasa dan jika telah diserahkan kepadanya,maka hukuman potong tangan tangan tersebut wajib dilaknakan.

DALIL YANG MELANDASI HAL INI
Dalil yang melandasi hal ini adalah sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Umar r.a,bahwa rasulallah s.a.w bersabda : Hendaklah kalian saling memaafkan dalam hukuman had ketika masih ada proses diantara kalian,karena hukuman had yang telah disampaikan kepadaku wajib dilaksanakan.(HR.Abu Dawud,Nas'i dan Alhakim).

Dalam kitab Al-Raudah disebutkan: Pendapat tersebut juga dipegang oleh para ulama,dimana diharamkan pemberian pertolongan(keringanan)bagi seorang pencuri untuk tidak dipotong tangannya,jika keputusannnya telah diserahkan kepada penguasa.

Tentang Hukum pencurian tertera jelas didalam Qs Al-Maidah 38.
Laki-Laki dan Perempuan yang mencuri maka potonglah tangan mereka(Tangan keduanya).

Tonton dan Subscribe juga :https://www.youtube.com/channel/UCR7GQOW8ezsvCPfdmReUhAQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...