Langsung ke konten utama

Hikayat Cinta| Surat Nasehat Cinta,Buat Rani Maharani|Agus Diar TV



DALAM IFFAH DAN KEUTAMAAN,RANI MAHARANI
Wahai Orang Humairah Rani,Iffah(menjaga diri dari suatu yang haram)adalah sebagian dari akhkaq-akhlaq yang mulia,termasuk sifat orang-orang yang beramal baik.sebab itu akan menjadi sutatu watak yang tertanam dalam jiwa-Mu.

Sebagian 'Iffah ialah berusaha untuk menjadi orang yang hidup sederhana,tidak merasa berat memberi makan dan minum kepada orang yang sangat membutuhkannya,juga kepada kawan yang lain.Dahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan pribadi.

Bagian lain dari 'ffah ialah jangan sekali-kali engkau melihat sesuatu milik orang lain dengan maksud untuk memiliki(Thoma'),jangan pula kamu terlalu rakus dalam hal makan dan minum untuk mengejar kesenangan sementara.

Wahai Humairah Rani,termasuk 'ffah pula jika engkau dapat membagi dan membedakan kepentingan untuk pribadi serta kepentinga hawa nafsumu.Janganlah sekali-kali engkau perturutkan hawa nafsu-Mu,dalam mencari kepuasan yang hina,perbuatan seperti ini hanya dilakukan oleh orang-orang dzhalim(berbuat kerusakan),orang-orang renadah yang akhlak sajalah yang selalu memperturut hawa nafsunya.

Wahai Humairah Rani,sesungguhnya orang kaya yang mengisi perutnya dengan makan yang enak,sama saja dengan fakir yang mengisi perutnya dengan makanan yang enak,karena titik akhir dari semua itu adalah kotoran.

Wahai Humairah Rani,diusiamu yang masih teramat muda,jadilah engkau seorang wanita yang berjiwa mulia dengan 'iffah,janganlah engkau mengotori kemuliaan dirimu dengan makanan yang kau makan cepat,sehingga tak terasa kelezatannya dan dimana saja kau berada,hindari cara makan yang rakus agar engkau tidak mendapat celaan.

Wahai Humairah Rani,bagi yang belum merasa memikiki 'ffah seperti dirimu yang merupakan perisai diri adalah wanita yang sangat merugi.peliharahlah perisai tersebut hai Humairah yang bisa mengantarkan dirimu kedalam ketentraman dan kemuliaan hidup,baik dalam pandangan ulama ataupun dalam pandangan orang awam(umum).

Wahai Humairah Rani,takutlah engkau dari segala perbuatan haram(maksiat).Apabila engkau berjalan dalam keramaian,maka janganlah engkau memenuhi arah pandang matamu terus menerus kepada kaum pria yang memiliki harta dan kendaraan yang mewah,karena harta yang engkau miliki,tidak akan sangggup kaum pria mana pun yang menyaingi selalulah dalam 'ffah.Begitu pula sebaliknya.Janganlah engkau asyik berbicara dengan laki-laki yang bukan Mahrom(muhrim)mu,hindarilah itu wahai Humairah Rani.Hindarilah kamu berdua dengan seorang pria,perbuatan tersebut diharamkan untuk-Mu.
"Katakanlah kepada orang-orang yang beriman : Hendaklah mereka menahan pandangannya,dan memelihara kemaluannya,yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka,sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat(AlQs.An-Nur : 30).

Wahai Humairah Rani,dalam suatu hadist riwat Ahmad,Bukhari,Muslim dan Abu Dawud  dari Anas bin Malik,menerangkan" Sesungguhnya syaithan itu menelusuri tubuh adam(umat manusia)untuk menggodanya seperti beredarnya darah dalam tubuh.Kaum Wanita adalah tali pengikat bagi syaithan untuk menjerumuskan orang-orang yang beriman yang lemah.

Wahai Humairah Rani,takutlah dan jangan sampai menarik dirimu kearah perangkap syaithan yang telah dipasangnya dengan memperturutkan hawa nafsu yabg tercela,sehingga dirimu terjerumus kejurang dosa besar dan kemungkaran dengan melakukan perzinahan dan lain sebagainya.
"Dan janganlah kamu mendekati zina,sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan keji,Dan suatu jalan yang buruk.(Qs.Al-Israa: 32).

Wahai Humairah Rani,hendaklah engkau menjaga diri dari godaan syathan serta dari syahwat yang keji.Sesungghnya Allah Azza Wa Jalla selalu mengawasimu,sekalipun engkau berada ditempat sepi dan Allah menghisab(menghitung)segala amal perbuatan-Mu.

Wahai Humairah Rani,Dengarkanlah nasihat-Ku,ingatlah setiap saat,lebih-lebih dikala engkau tertari melakukan sesuatu yang jelek dan memperturutkan syahwat hina.Mintalah perlindungan-Nya dari godaan syaithan yang terkutuk,dengan memabaca" A'uudzuubillaahi Minas Syathaanir Rajiim.Hadapkanlah dirimu kepada Allah dengan niat yang murni(tulus/ikhlas).Mintalah keselamatan kepada Allah dari godaan rayuan syaithan.Wahai Humairah Rani,sesungguh-Nya Allah menguasai,menjaga dan memelihara dirimu dengan rahmat dan petunjuknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…