Langsung ke konten utama

Mutiara Nasehat agar anak Shaleh dan Sholehah|Agus Diar TV


KEUTAMAAN MURU'AH SYAHAMAH DAN IZZATIN NAFSI
Wahai anakku sayang,tidak ada kebaikan bagi orang-orang sedikit muruahnya(kurang menjaga kehormatan diri),membuat dirinya hina dalam pandangan umat dan teman pergaulan.Apabila seseorang dihina dan dicela,dia akan merasa rendah diri serta takut kehilangan kemuliaan dirinya.

Wahai anakku sayang,kepribadian orang-orang seperti itu bukanlah watak kepribadian orang-orang yang mempelajari Dien(agama),dan tidak patut dimiliki oleh orang-orang yang memegang teguh ajaran syari'at islam.

Wahai anakku sayang,jaga dan pelihara sifat muruahmu,janganlah engkau dudukkan dirimu pada tempatnya.Peliharalah dan jagalah dirimu dari pergaulan dengan orang-orang yang rendah akhlak-Nya dan tercela.Angkatlah kehormatan dirimu dari sifat kehinaan,janganlah engkau menjadi budak perutmu dan janganlah engkau menjadi budak nafsu sahwat-Mu dengan memperturutkan apa yang dikehendakinya.


Wahai anakku sayang,fikir(kekurangan) dalam masalah harta,tidaklah menjadi tercela bagi umat manusia.Seseorang akan tercela apabila tidak memiliki sifat muruah,bukan karena sedikiitnya harta.Seseorang akan mendapat pujian jika memiliki sifat muruah dan baik dalam bergaul dengan keluarga dan teman-Nya,jadi bukan lah karena banyak harta.

Sebagian dari sifat waro'(orang yang dalam ilmunya)ialah menjaga wajahnya dari kehinaan dan meminta-minta,Ridho untuk hidup sederhana apa adanya,makan hanaya sekedar untuk penguat badan saja,sebagaimana diterangkan dalam hadist Syarif,dari Nabi S.a.w"Tidaklah anak Adam(umat manusia)memenuhi sesuatu wadah yang lebih jelek dari pada perutnya.
Hanya sekedar kebutuhan untuk mempertahankan kekuatan tubuh-Nya saja dia makan.Apabila merasa makan banyak,maka hendaklah dibagi isi perutnya yaitu,sepertiga untuk menyimpan makanannya,sepertiga untuk menyimpan minumannya,sepertiga lagi untuk pernafasannya(HR.Ahmad,Tarmidzi,Ibnu Majjah,dan Hakim dari Miqdad bin Ma'dikariba).

Jangan memancing seseorang untuk menungkapkan sesuatu yang diberikan kepadamu baik berupa barang atau pun yang lainnya,itu merupakan kesenangan sementara saja.

Sebagian lagi dari cara menjaga kehormatan diri ialah engkau selalu melihat dengan penuh kasih sayang kepada fakir miskin dan orang-orang yang sangat membutuhkannya.

Termasuk cara menjaga kehormatan diri yang lain ialah apabila engkau memberikan pertolongan kepada salah seorang teman baik dengan harta atau pun lainnya.Janganlah engkau jadikan jalan untuk menghina dan mencela-Nya.

Wahai anakku sayang,sebagian dari syhamah(mencegah hawa nafsu)ialah memaafkan orang yang bersalah atau berbuat jahat kepada dirimu,sekalipun dirimu mampu dan kuat membalas-Nya.Bagian pada diri sendiri dan juga menjaga kehormatan diri sekalipun hidup fakir dan papa dari harta.

Wahai anakku sayang,orang yang tidak menjaga"Izzatin nafsi(kemuliaan diri),maka tidak akan ada manfaatnya harta dan yang lainnya untuk mencapai sesuatu kemuliaan.

Kemuliaan diri adalah lebih utama dan lebih mulia dari pada kemuliaan harta benda.Sebagian dari kemuliaan diri ialah menunjukkan akhlak yang baik dihadapan umat manusia,sekalipun engkau fakir.Tidak memperlihatkan hajat kebutuhan-Mu kepada seseorang yang dekat dengan-Mu.Sebagian lagi dari kemuliaan diri ialah bersabar dikala mendapat kesulitan hidup,dengan kesabaran dikala mendapat kesulitan hidup,dengan kesabaran yang terpuji dan berserah diri kepada Allah,janganlah meminta bantuan selain kepada Rabb-Mu.

Wahai anakku sayang,sebagian dari Izzatin nafsi Maruah dan Syahamah,ialah menjalankan diri dari melakukan perbuatan yang hina dan rendah untuk dirimu,jauhilah perbuatan yang dapat menjatuhkan nama baik generasi penerus penjunjung Dien(Agama)islam.Menjaga nama baik lingkungan dimana engkau berpijak.Rasulalah S.a.w telah bersabda:
"orang Mukmin lainnya itu ibarat suatu bangunan yang satu sama lain-Nya saling kuat menguatkan(HR.Bukhari,Muslim dari Abi Musa Al-Asy'ari r.a).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…