Minggu, 13 Januari 2019

Mutiara Nasehat agar anak Shaleh dan Sholehah|Agus Diar TV


KEUTAMAAN MURU'AH SYAHAMAH DAN IZZATIN NAFSI
Wahai anakku sayang,tidak ada kebaikan bagi orang-orang sedikit muruahnya(kurang menjaga kehormatan diri),membuat dirinya hina dalam pandangan umat dan teman pergaulan.Apabila seseorang dihina dan dicela,dia akan merasa rendah diri serta takut kehilangan kemuliaan dirinya.

Wahai anakku sayang,kepribadian orang-orang seperti itu bukanlah watak kepribadian orang-orang yang mempelajari Dien(agama),dan tidak patut dimiliki oleh orang-orang yang memegang teguh ajaran syari'at islam.

Wahai anakku sayang,jaga dan pelihara sifat muruahmu,janganlah engkau dudukkan dirimu pada tempatnya.Peliharalah dan jagalah dirimu dari pergaulan dengan orang-orang yang rendah akhlak-Nya dan tercela.Angkatlah kehormatan dirimu dari sifat kehinaan,janganlah engkau menjadi budak perutmu dan janganlah engkau menjadi budak nafsu sahwat-Mu dengan memperturutkan apa yang dikehendakinya.


Wahai anakku sayang,fikir(kekurangan) dalam masalah harta,tidaklah menjadi tercela bagi umat manusia.Seseorang akan tercela apabila tidak memiliki sifat muruah,bukan karena sedikiitnya harta.Seseorang akan mendapat pujian jika memiliki sifat muruah dan baik dalam bergaul dengan keluarga dan teman-Nya,jadi bukan lah karena banyak harta.

Sebagian dari sifat waro'(orang yang dalam ilmunya)ialah menjaga wajahnya dari kehinaan dan meminta-minta,Ridho untuk hidup sederhana apa adanya,makan hanaya sekedar untuk penguat badan saja,sebagaimana diterangkan dalam hadist Syarif,dari Nabi S.a.w"Tidaklah anak Adam(umat manusia)memenuhi sesuatu wadah yang lebih jelek dari pada perutnya.
Hanya sekedar kebutuhan untuk mempertahankan kekuatan tubuh-Nya saja dia makan.Apabila merasa makan banyak,maka hendaklah dibagi isi perutnya yaitu,sepertiga untuk menyimpan makanannya,sepertiga untuk menyimpan minumannya,sepertiga lagi untuk pernafasannya(HR.Ahmad,Tarmidzi,Ibnu Majjah,dan Hakim dari Miqdad bin Ma'dikariba).

Jangan memancing seseorang untuk menungkapkan sesuatu yang diberikan kepadamu baik berupa barang atau pun yang lainnya,itu merupakan kesenangan sementara saja.

Sebagian lagi dari cara menjaga kehormatan diri ialah engkau selalu melihat dengan penuh kasih sayang kepada fakir miskin dan orang-orang yang sangat membutuhkannya.

Termasuk cara menjaga kehormatan diri yang lain ialah apabila engkau memberikan pertolongan kepada salah seorang teman baik dengan harta atau pun lainnya.Janganlah engkau jadikan jalan untuk menghina dan mencela-Nya.

Wahai anakku sayang,sebagian dari syhamah(mencegah hawa nafsu)ialah memaafkan orang yang bersalah atau berbuat jahat kepada dirimu,sekalipun dirimu mampu dan kuat membalas-Nya.Bagian pada diri sendiri dan juga menjaga kehormatan diri sekalipun hidup fakir dan papa dari harta.

Wahai anakku sayang,orang yang tidak menjaga"Izzatin nafsi(kemuliaan diri),maka tidak akan ada manfaatnya harta dan yang lainnya untuk mencapai sesuatu kemuliaan.

Kemuliaan diri adalah lebih utama dan lebih mulia dari pada kemuliaan harta benda.Sebagian dari kemuliaan diri ialah menunjukkan akhlak yang baik dihadapan umat manusia,sekalipun engkau fakir.Tidak memperlihatkan hajat kebutuhan-Mu kepada seseorang yang dekat dengan-Mu.Sebagian lagi dari kemuliaan diri ialah bersabar dikala mendapat kesulitan hidup,dengan kesabaran dikala mendapat kesulitan hidup,dengan kesabaran yang terpuji dan berserah diri kepada Allah,janganlah meminta bantuan selain kepada Rabb-Mu.

Wahai anakku sayang,sebagian dari Izzatin nafsi Maruah dan Syahamah,ialah menjalankan diri dari melakukan perbuatan yang hina dan rendah untuk dirimu,jauhilah perbuatan yang dapat menjatuhkan nama baik generasi penerus penjunjung Dien(Agama)islam.Menjaga nama baik lingkungan dimana engkau berpijak.Rasulalah S.a.w telah bersabda:
"orang Mukmin lainnya itu ibarat suatu bangunan yang satu sama lain-Nya saling kuat menguatkan(HR.Bukhari,Muslim dari Abi Musa Al-Asy'ari r.a).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The type of woman to be married in Islam

From Mugribin bin Syu'bah, he said: I once proposed a woman, then the Prophet S.a.w said: Look because, that will preserve the lo...