Langsung ke konten utama

News|Macam-Macam Riba dan Hukumnya|Agus Diar TV


RIBA MENURUT SYARI'AT




Riba dalam artian bertambah harta atau penghasilan yang dihasilkan dari suatu usaha yang dilakukan sesuai dengan frofesi yang diemban.

Pengertian Riba dalam berdangang diartikan menambah-nambah harga yang tidak disesuaikan dengan Syari'at Islam.

Didalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah(275) Allah berfirman dengan artinya:"Orang-orang yang makan(mengambil)riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang memasukkan syeithan lantaran(tekanan pengakit gila).
Keadaan mereka yang demikian itu disebabkan mereka berkata(berpendapat),sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba,padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

Firman Allah Swt dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah(278-279).Dengan artinya :
Dan tinggalkanlah sisa riba(yang belum dipungut)jika kalian orang-orang yang beriman.Jika kalian tidak mengerjakan(meninggalkan sisa riba),maka ketahuilah,bahwa Allah dan Rasulnya akan memerangi kalian.

Pengertian dari ayat diatas riba ada dua macam riba nasi'ah dan riba Fadhal.
Riba Nasiah adalah Pembayaran yang lebih yang di syari'atkan oleh orang yang memenjamnya.Riba Fadhal adalah penukaram suatu barang dengan barang yang sejenis,tetapi lebih banyak jumlahnya karena orang yang menukarkan mensyariatkan demikian,seperti penukaran nasiah yang berlipat ganda dan umum terjadi dalam masyrakat arab pada zaman jahiliyah.Maksudnya orang yang mengambil riba tidak tentram jiwanya seperti orang yang kemasukan syeithan,riba yang sudah diambil(dipungut)sebelum turun ayat ini,boleh tidak dikembalikan.

HUKUM RIBA
Para Ulama telah berijma'(bersepakat)bahwa riba merupakan salah satu dari perbuatan dosa besar.Dan jika dalam suatu akad terjadi praktek riba,maka akad tersebut batal(tidak syah).Tidak ada kewajiban seseorang untuk mengembalikan kecuali yang merupakan modal saja.

Dan jika dalam keadaan sulit,maka harus diberikan kepadanya masa tangguh sampai benar-benar berada dalam kemudahan.
Hukum seperti itu tidak disarikan dari kitabullah. 
Allah Swt berfirman Al-Qur'an Surah Al-Baqarah(279).Dengan artinya :
"Dan jika kalian bertaubat(dari pengambilan riba),maka bagi kalian pokok(modal)harta kalian.

Menurut pemahaman berbalik,hal itu menunjukkan diperbolehkannya mengambil harta riba tersebut tanpa adanya taubat.Selain itu,diperbolehkan mengambil keuntungan dari harta riba tersebut,baik bertaubat maupun tidak.

Kesimpulannya,diperbolehkan mengambil seluruh harta riba,dan boleh mengambil keuntungannya.

MACAM-MACAM RIBA
Terdapat dua macam Riba,yaitu :
Riba Fadhal yaitu jual beli barang yang sejenis yang dalam jumlah yang tidak sama,misalnya,menjual satu qhintar(100 rathal)gandum dengan satu seperempat qhinthar gandum.Atau jual beli satu sha,kurma dengan setengah sha,kurma.Atau juga jual beli satu uqiyah perak dengan satu dirham perak.


RIBA NASI'AH,Riba Nasiah ada dua macam Riba Jahiliyah,yang Allah swt telah diharamkan melalui firman-Nya.
Dalam Al-Qur'an Surah Al-Imran Allah dengan Artinya :" Wahai orang-orang yang beriman,janganlah kalian memakan riba dengan berlipat ganda.

Pengertian Riba Jahiliyah ini adalah Hutang seseorang atas orang lain dengan waktu yang telah ditentukan.Ketika telah sampai waktu yang ditentukan tersebut,dikatakan Engkau lunasi sekarang atau harus menambah jumlahnya.

Jika kalian tidak dapat mengembalikan,maka jumlah itu akan bertambah.Kemudian diberikan tangguh lagi,sehingga bertambah terus.

Dan termasuk riba jahiliyah ini juga praktik pemberian sepuluh dinar,baik dalam jangka waktu dekat mauoun jauh.

Kedua,Riba Nasi'ah,yaitu jual beli suatu barang dengan jenis lain,misalnya satu qhintar gandum dengan satu qhintar kurma dalam waktu yang telah ditentukan,atau jual beli sepuluh dinar emas dengan seratus dua puluh dirham perak dalam waktu yang ditentukan(kitab minhajul muslim)


BARANG-BARANG POKOK YANG MENJADI PRAKTEK RIBA
Barang-barang tersebut bisa saja berupa emas,perak,gandum,sya'ir,tam(kurma) dan sebagainya.Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulalallah s.a.w :
"Emas dengan emas,perak dengan perak,gandum dengan gandum,sya'ir(jewawut)dengan sya'ir,kurma dengan kurma,dan garam dengan garam,hendaklah sama banyaknya,tunai,dan melalui serah terima.Jika berlainan jenis,kalian boleh jual sekehendak kalian,asalkan tuanai(HR.Muslim).

" Tidak ada riba kecuali barang-barang takaran atau timbangan yang berwujud makanan atau minuman,perkataan dari"Syaid bin Msayyab".

BEBERAPA MAKANAN YANG TIDAK BERLAKU PADA PRAKTEK RIBA
Buah-Buahan dan sayur-sayuran tidak berlaku pada praktek riba,karena satu sisi,kedua barang tersebut tidak dapat disimpan digudang,dan sisi yang lain,kedua barang tersebut pada zaman dahulu bukan termasuk barang takaran maupun timbangan.

Seperti halnya kedua barang tersebut bukan termasuk makanan pokok.Dan telah ada nash shahih yang bersumber langsung dari Rasulallah s.a.w

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…