Kamis, 03 Januari 2019

Sorot Budaya|Morfologis Bahasa Kerinc|Agus Diar TV

ARTI DARI MORFOLOGIS 

Morfologis arti dari kata pecahan atau kalimat yang dipisahkan,merupakan gabungan dari kosa kata dalam mengenal bahasa yang diambil dari suatu daerah.Kali ini penulis melakukan orientasi pada sebuah daerah disebelah selatan Kota Sungai Penuh yang berjarak 7 km perjalanan dengan menggunakan roda dua maupun roda empat.

Dan daerah ini juga dikenal sebagai suatu daerah yang kuat akan tatanan agama adat istiadat maupun budayanya,dan daerah yang dituju tersebut mempunyai 5 desa,yaitu desa Sumu Jauh,desa Pancuran Tiga,desa Tanjung Pauh Mudik,desa Bukit Pulai dan juga desa Puanai Merindu.

Pengenalan bahasa dimulai dengan pola bahasa yang mudah dipahami dan mudah dimengerti.Yang disesuaikan dengan ejaan bahasa pada desa setempat contohnya :
Mandai-Mandi,Kerju-kerja,goei-pergi
Bila digabungkan menjadi satu kalimat yang berarti mandi pergi,kerja.dengan makna dasar mandi terlebih dahulu kemudian baru pergi kerja.

Kura-sembiya-berusu,dalam kalimat ini diartikan kurang dalam shalat berdosa.maknanya jika kita jarang mengerjakan shalat kita akan berdosa
atau dengan bahasa yang bersifat grammar atau conversation misalnya
along kito melaksankan suatu ngan baoek,harus adu wawasan dan imajinasi ngan kuak.maksudnya dalam kita melaksanakan sesuatu haruslah mempunyai imajinasi serta wawasan yang luas.

Secara Afliansi bahasa ini juga bisa diartikan sebuah kalimat atau kosa kata yang digabungkan ketika dalam penggunaan percakapan.dari itu penulis juga menyelusuri titik dari makna bahasa yang luas dengan bahasanya yang berbunyi.
Kamai ndou kumo,bahu segalu persiopan mboh kito idiek bubaloe agieh ini umoe,maksud dari kalimat  kami mau kesawah siapkan segala peralatan agar tidak bolak-balik untuk mengulanginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The type of woman to be married in Islam

From Mugribin bin Syu'bah, he said: I once proposed a woman, then the Prophet S.a.w said: Look because, that will preserve the lo...