Selasa, 08 Januari 2019

Sorot Islam|Bersadakahlah dari hasil usaha yang baik|Agus Diar TV


BERSADAKAH DENGAN HASIL YANG BAIK
Allah Subhanhahu Wa Ta'ala tidak menerima sedekah dari hamba-Nya kecuali dari hasil uasha yang baik.Sedangkan yang bersumber dari hasil yang tidak baik,maka tidak akan pernah diterima olehnya.Sebagaimana telah berfirman dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah(263).
"Perkataan yang baik dan pemberian yang mahruf adalah lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan perasaan si penerima.Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.

Dari Abi Hurairah Radhiyallahu Anhu ia berkata,bahwa Rasulallah s.a.w telah bersabda:
" Barangsiapa yang bersedekah dengan sebutir kurma yang dihasilkan dari usaha yang baik,karena Allah tidak menerima kecuali yang baik,maka sesungguhnya dia akan menerima sedekah itu dengan tangan kanannya.Lalu memliharanya untuk orang besedekah,seperti halnya seseorang diantara kalian yang memelihara anak kuda atau anak untanya,sehingga menjadi sebesar gunung Uhud(HR.Bukhari).

"Maksud dari perkataan yang baik adalah menolak dengan cara yang baik.Sedangkan maksud pemberian ma'af adalah memaafkan tingkah laku yang kurang sopan dari si peminta."

Dari Abu Malih,dari ayahnya,ia berkata,Allah tidak menerima sedekah dari harta rampasan yang belum dibagi dan tidak juga shalat tanpa bersuci terlebih dahulu(HR. Abu Dawud dengan Isnad Shahih).

DIBOLEHKAN BERSEDAKAH DENGAN SELURUH HARTA
Diperbolehkan bagi wanita muslimah bersedekah dengan seluruh hartanya.Umar bin Khattab Radhiyallahu Anhu pernah berkata : Kami diperintahkan oleh Rasulallah untuk bersedekah dan ini berkenaan dengan harta kekayaan yang aku miliki.Lalu aku berkata : Kali ini aku akan mengalahkan Abu Bakar dalam hal bersedekah,meski pada hari yang lalu aku tidak mengalahkannya.
Maka Rasulallah bertanya kepadaku,apa yang engkau sisakan untuk keluargamu,Wahai Umar?Umar pun menjawab aku sisakan setengah dari harta yang aku miliki untuk keluargaku,Namun ternyata Abu Bakar pada saat itu menyerahkan seluruh dari hartanya untuk disedekahkan,beliaupun bertanya:Apa yang engkau sisakan untuk kelurgamu,Wahai Abu Bakar?Abu Bakar menjawab,aku tinggalkan untuk mereka Allah dan Rasul-Nya,maka aku (Umar) berkata,sekali-kali aku tidak akan dapat mengalahkanmu,Wahai Abu Bakar,kalan pun(HR.Abu Dawud,Tirmidzi,dan beliau menshahihkannya).

DIMAKRUHKAN BERSEDEKAH DENGAN SELURUH HARTA
Dari Jabir Radhiyallahu Anhu,ia bercerita,ketika kami bersama Rasulallah s.aw.,tiba-tiba datang seseorang dengan membawa bulatan emas seperti telur,Lalu aku berkata,Wahai Rasulallah,aku tertimpa benda ini dari sebuah pertambangan.Untuk itu ambillah sebagai sedekah diriku.Karena aku tidak memiliki sesuatu selain dari padanya.Maka Rasulallah menolaknya.Selanjutnya ia mendatangi beliau dari arah belakang dan beliau mengambil serta membuangnya kembali.Kemudian beliau berkata :Seandainya ia tertimpa ini,nscaya akan menyakiti atau melukainya.Selanjutnya beliau bersabda : Ada seseorang di antara kalian datang dengan seluruh harta kekayaannya,untuk disedekahkan,setelah itu,ia duduk meminta-minta kepada orang lain.Sesungguhnya sedekah itu hanya berasal dari orang yang kaya(HR.Abu Dawud dan Al-Hakim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sastra Lisan Kerinci

  SASTRA LISAN DI KERINCI Berdasarkan faktor geografis-Nya Kerinci adalah daerah yang strategis, bentuknya yang seperti kuali yang dat...