Langsung ke konten utama

Kalau belum bisa menafkahi Dia jangan coba-coba anda menikahi Dia|Agus Diar TV


NAFKAH MERUPAKAN HUKUM WAJIB SUAMI TERHADAP ISTRI

Barangkali banyak yang berkeinginan ingin menikah dengan mengumbarkan syahwat yang besar terhadap pasangan atau lawan jenis-Nya sehingga ujung-ujung-Nya timbul percaraian dalam berumah tangga,ada bik-Nya jauh-jauh hari kita berfikir secara senekpikan untuk mencegah terjadi-Nya keretakan dalam berumah tangga.Dengan ada-Nya artikel ini semoga bisa bermanfaat banyak bagi netizen wabil khusus untuk penulis sendiri.Berikut ini penulis akan sajikan tentang Hukum wajib Nafkah suami terhadap istri.

HUKUM WAJIB NAFKAH
Nafkah merupakan kewajiban seorang suami terhadap istri-Nya,dimana tidak ada perbedeaan pendapat mengenai problematika ini.Bahkan Al-Qur'an sendiri telah menyebutkan hal itu melalui Firman Allah Tabaraka Wata'ala dalam Qs.An-Nisa : 5).
"Berikanlah mereka belanja dan pakaian dari hasil harta".
Demikian juga Hadits Rasulallah s.a.w,dimana beliau pernah memberikan izin kepada Hindun binti Utbah untuk mengambil harta suami-Nya,Abu Sufyan,untuk mencukupi kebutuhan-Nya dan anak-anak-Nya dengan cara yang ma'ruf(Mutafaquin Alaih).
Juga sabda beliau ditanya tentang istri atas suami-Nya.Hendaklah kamu memberikan makan kepada-Nya jika kamu makan dan memberi-Nya pakian jika kamu memakai pakaian(HR.Abu Dawud,Ibnu Majah,Nasa'i dan Tirmidzi).Dalam kitab Al-Musawi dijelasakan dengan kajian yang dilakukan penulis sendiri sebagai berikut :
Bahwa meberikan nafkah bagi suami kepada istri-Nya adalah merupakan hal yang diwajibkan,baik dalam keadaan sulit maupun lapang Allah Tabaraka Wata'ala berfirman :
" Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuan-Nya dan Orang yang disempitkan rizki-Nya.Hendaklah memberi nafkah harta yang telah diberikan Allah kepada-Nya.Allah tidak memikupkan beban kepada seseorang melainkan(sekedar)apa yang telah Allah berikan kepada-Nya.Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan(Qs.At-Thalaq : 7).

SIAPA YANG WAJIB DIBERI NAFKAH?

Yang patut memberi nafkah yaitu : Istri dari suami-Nya,baik yang masih resmi menjadi istri dan berada dibawah perlindungan suami-Nya walaupun maupun wanita yang telak di thalak raji'sebelum menyelesaikan masa Iddah-Nya.Hal ini sesuai dengan sabda-Nya.Hal ini sesuai dengan sabda Rasulallah s.a.w.artinya :"Ketahuilah,hak mereka(para istri)atas kalian(para suami)adalah kalian harus berbuat sebaik mungkin untuk memberikan pakaian dan makanan kepada mereka(HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah).

~Istri yang dithalak Ba'in,dimana suami-Nya berkewajiban memberi nafkah kepada-Nya selama menjalani masa 'Iddah-Nya.Jika istri-Nya dalam keadaan hamil,maka wajib diberikan nafkah-Nya sampai bersalin.Sebagai mana Allah Azza Wa Jalla berfirman :
"Jika mereka(istri-istri yang sudah di thalak)itu sedang hamil,maka berikanlah kepada mereka nafkah-Nya hingga mereka bersalin(Qs.At-Thalaq).
~Orang tua dari mereka berdua,sebagaimana firman Allah Azza Wa Jalla" Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua-Mu.(Qs.Al-Baqarah : 83).
~Anak-anak mereka yang masih kecil harus mendapat nafkah dari orang tua-Nya sebagaimana Allah menyebutkan didalam Qs.An-Nisa : 5.
"Berikanlah mereka belanja dan pakaian(dsri hasil harta itu)dan diucapkanlah pada mereka dengan kata-kata yang baik.
~Pembantu yang mereka miliki,sebagaimana sabda Rasulallah s.a.w
" Seorang budak(pembantu)harus diberikan makan dan pakaian dengan cara yang baik dan tidak boleh membebani-Nya dengan suatu pekerjaan yang ia tidak mampu mengerjakan-Nya.(HR.Muslim).
~Binatang ternak dari pemilik-Nya,sebagaimana yang disabdakan Rasulallah s.a.w:
"Ada seorang wanita yang masuk neraka karena seekor kucing yang disekap-Nya sampai mati kelaparan.Ia tidak memberikan makan dan tidak membiarkan-Nya makan dari rerumputan bumi((HR.Bukhari,Muslim dan Ahmad).

PERBEDAAN PENDAPAT MENGENAI UKURAN NAFKAH
Telah terjadi perbedaan pendapat antar mazhab mengenai ada-Nya ukuran nafkah dan peniadaan-Nya.Jumhur Ulama berpendapat untuk meniadakan ukuran nafkah,kecuali dengan istilah secukup-Nya.Berkenaan dengan hal ini Imam Syafi'i mengatakan : Bagi orang miskin dan berada dalam kesulitan adalah satu Mud,dan orang yang berada dalam kemudahan dua Mud.

Dilain tempat pula ada yang membiasakan ada pula yang membiasakan keluaga-Nya makan dalam dua kali dalam satu hari.Dilain tempat ada yang membiaasakan tiga kali dalam sehari bahkan ada juga sampai empat kali sehari.Tidak berbeda dengan hal-Nya dengan keadaan yang terkadang pada masa paceklik lebih memerlukan ada-Nya penentuan ukuran makanan dibandingkan ketika masa subur.Sedangkan individu,ada sebagian orang yang dibutuhkan makan-Nya satu sha,atau lebih,ada juga yang setengah sha dan sebagian lain-Nya kurang dari itu.perbedaan tersebut diketahui dari penelitian penulis sendiri.[Ad.dari segala sumber]

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…