Senin, 22 April 2019

Android Widget|Agus Diar TV


KONSEP WIDGET DAN KOMPONEN TERDAPAT DALAM KOMPONEN WIDGET
Android Widget sudah kita implementasikan sedikit pada bagian activity,pada bagian Android Widget ini akam kita jelaskan lebih detail mengenai komponen-komponen yang terdapat dalam Android Widget.Paket Widget pada dasarnya merupakan visualisasi dari element User Intergacae(UI)yang digunakan pada layar aplikasi Android dimana kita dapat merancang sendiri sesuai kebutuhan kita.

Widget di dalam Android ditampilkan dengan konsep View.Dimana aplikasi Android pada umumnya menggunakan widget sebagai Layout XML,untuk mengimplentasikan widget,selain file Java juga membutuhkan tambahan dua file.Berikut ini adalah penjelasan dari saya tentang file-file yang umumnya kita butuhkkan apabila kita membuat widget.

File Java
Berupa file java dimana merupakan file yang mengimplementasikan aksi dari widget.Jika memdefenisikan suatu widget beserta posisinya dilayar yang didefinisikan dari file XML,kita harus melakukan coding di file java dimana kita dapat mengambil semua nilai atribut dari tata letak file XML, yang didefenisikan.

File XML
Sebuah file XML yang berada di res/values/yang mendefenisikan komponen elemen-elemen XML yang digunakan untuk inisialisasi widget serta atribut yang mendukung-Nya(file yang kita kenal dengan main.xml pada bab bagian-bagian sebelumnya.

Layout XML(optional)
File ini tidak harus ada,file XML berada didalam res/layout/yang mengambarkan atau penambahan keterangan pada layout widget anda.Sebenar-Nya ini dapat dilakukan di file java kita(file ini dikenal dengan string.xml pada bab bagian-bagian sebelumnya,dimana fungsi string.xml itu bisa di-handle oleh file java-Nya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...