Senin, 17 Juni 2019

BREAKING NEWS|Kronologis Sejarah Krisis Suria|Agus Diar TV


KRONOLOGIS KRISIS SURIAH
Lintas Dunia,pertemuan kita akan melihat pada suatu negara yang diguncang oleh kebabrakan dan keterpuralukan akibat terjadi peperangan seperti yang kita tonton di media pertelevisian yang ada di negara kita Indonesia. Kita akan melihat bagaimana krisis yang melanda saudara - saudari kita di Suriah,krisis Suriah tak terlepas dengan spiring(Musim Semi Arab) yang menerpa kawasan Arab pada Tahun 2011.Gelombang demonstrasi besar-besaran diberbagai negara di Timur Tengah yang berujung pada tergulir-Nya rezim berkuasa, yang akhirnya sampai ke Suriah. 

Beli Case(kasus pemicu) di Suriah adalah penangkapan 15 siswa secara kasar di kawasan Hawran Provinsi Dar'a oleh Polisi pada tanggal 27 Februari 2011.Penangkapan secara brutal itu karena para siswa membuat grafiti protes kepada  Basyar Assad. Protes yang dipicu gelombang Arab  Spring bertuliskan. "Sebentar lagi giliran anda Dokter"..... Maksud-Nya ditujukan kepada Presiden Bashar Assad yang seorang dokter spesialis mata.Assad sejak tahun 2000 mewarisi kekuasaan ayah-Nya. Hafez Assad.Yang berkuasa selama 30 tahun sebelum wafat-Nya tahun itu.

Tindakan brutal polisi yang agresif memicu masa turun ke jalan pada 15 Maret 2011.Aksi berubah menjadi tuntutan agar presiden Bashar Assad mundur. Aksi dilakukan oleh Damaskus, Ibu Kota Suriah, kemudian secara sporadis meluas keseantaro negeri. Aksi dilakukan setiap Jum'at dengan menjadikan Masjid sebagai konsentrasi masa.

Menjelang tahun ke-9 Arab Spring di Suriah masih belum ada titik equilibrium(kesetimbangan) sebagai mana negara - negara tetangga-Nya. Berbagai isu berkembang:Perubahan rezim, demokratisasi, separatisme, juga penerapan syariah.

Sudah hampir 500.000 jiwa menjadi korban krisis Suriah ini.Lebih sejuta yang terluka. Gelombang pengungsian dengan jumlah belasan juta merambah hingga ke Jantung Eropa. Jumlah 🔢 ini menurut UNCH terbesar Pasca Perang Dunia II didalam negeri. Penduduk yang bertahan hidup dalam kondisi kehilangan pekerjaan, ketiadaan bahan makanan, tidak berjalan-Nya aktivitas pendidikan dan belitan hidup lain-Nya.

Pelik-Nya krisis Suriah menjadikan tidak mudah untuk dapat memahami mengenai apa yang terjadi di sana. Tidak sederhana apa yang terjadi di Negeri tetangga-Nya. Walau Mesir dan Libya pun belum Stabil, yang terjadi di Suriah adalah sebuah anomali.

PETA KONFLIK SURIAH
Secara general, penyebab konflik Suriah dapat dipetakan pada dua factor. Pertama;masalah dalam negeri Suriah, yakni adanya keinginan mengganti rezim diktator dan represif dengan memanfaatkan suasana Arab Spring. Kedua ; faktor eksternal, yakni kepentingan negara - negara asing terhadap Suriah.

Faktor internal dalam negeri Suriah melahirkan kesempatan mengenai rezim Klan Assad yang sudah 40 tahun berkuasa. Sama seperti negara tetangga, seusia itulah rata-rata rezim yang sudah berkuasa. Hingga berjatuhan pada saat Arab Spring. Peta Sosial rakyat Suriah ter segmentasi, awal-Nya stabil dan rezim yang diktator. Namun hal ini menghilangkan potensi konflik akibat berbagai kesenjangan. Perbedaan ideologis yang terpendam sepanjang rezim Assad berkuasa pun menjadi mendapatkan ruang ketika terjadi krisis Suriah. Rezim Assad yang Syi'ah, namun dekat dengan ideologi sosialis melalui partai Baath, mendapatkan tantangan dari kaum moderat sekuler yang pro Barat dan kaum Islamis yang mengakar karena Suriah adalah pusat dari peradaban Islam pada masa lampau. Semua ini bertemu saat instabilitas negara lemah. Sama-sama mencari kesempatan untuk mencari rezim yang lemah menindas.

Adapun faktor eksternal berupa adanya kepentingan negara - negara asing terhadap Suriah. Kepentingan laten ini kebetulan mendapatkan momentum Arab Spring sebagai kesempatan untuk mewujudkan-Nya. Baik kepentingan politik, ekonomi dan keamanan. Suriah sebagai salah satu negara kuat secara militer di Timur Tengah perlu dilemahkan agar tidak mengancam kepentingan Barat di kawasan tersebut. Perseteruan-Nya dengan Sekutu utama Barat yakni Israel. Setelah Irak dapat dikendalikan, melalui Arab Spring, Suriah mendapatkan giliran.(Ad dari segala sumber) 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...