Langsung ke konten utama

Breaking News|Sejarah Perang Dagang China-AS Memanas |Agus Diar TV


MEMANASNYA PERANG DANGAN AS-CHINA
Lintas Dunia,Ketertarikan penulis mengenai perekonomian ,perindustrian Internasional sedang  gencar-gencar-Nya dilakukan oleh negara adi kuasa baik di Asia maupun Eropa, sehingga penulis merasa sangat tertarik untuk merilis tentang problematika Dagang AS-China yang bisa menambah pengetahuan dan ilmu bagi netizen dan penulis sendiri. 

President AS Donal Trump secara sepihak menaikkan tarif bea masuk 1.300 produk ekspor China ke AS yang nilainya mencapai US$ 50 miliar, produk-produk tersebut diantar-Nya komponen pesawat teebang, baterai, panel televisi, alat kesehatan, satelit dan senjata. 

Tidak lama berselang, China melakukan pembalasan dengan menaikkan tarif bea masuk beberapa barang-barang import AS hingga 25 persen. Produk-produk tersebut diantara-Nya aluminium, pesawat terbang, mobil, daging babi dan kedelai. Beberapa produk di antara-Nya seperti buah-buahan, kacang dan pipa baja dikenakan tarif 15 persen. 

Kebijakan trump tersebut bukan tanpa alasan. Menurut dia hal itu merupakan balasan atas perdagangan fair yang dilakukan China. Termasuk mencuri hak kekayaan intelektual negara itu. Memang hampir 20 tahun terakhir defisit perdagangan AS dengan China semakin lebar. Arti-Nya ekspor AS ke China. Produk ekspor China pun tidak lagi didominasi oleh barang-barang murah yang padat tenaga kerja. Namun semakin bergeser pada produk-produk padat modal dan teknologi di tahun 2000,total defisit perdangan AS mencapai US$ 77 miliar. Dari jumlah itu, China menyumbang 22 persen. Pada tahun 2010,dari nilai defisit yang mencapai US$500 persen-Nya berasal dari negara China(US-China securities and Exchange Commission). 

Serbuan import barang China dijadikan kambing hitam melemah-Nya industri manufaktur AS. Banyak perusahaan AS, termasuk teknologi tinggi seperti industri panel surya berguguran. Dampak berikut-Nya, penyerapan tenaga kerja AS merosot. di tahun 2011 beberapa riset menyebutkan import China menyebabkan hilangnya pekerjaan 600 ribu pekerja kelas atas. Namun faktor internal AS tak dapat di tampik. Tinggi-Nya biaya produksi di AS, terutama pajak dan upah tenaga kerja yang mahal. Ikut mendorong banyak perusahaan AS meninggalkan negara itu dan mengalihkan pabrik mereka ke negara-negara yang biaya produksi-Nya lebih rendah seperti China. 

Sebenar-Nya bukan hanya AS yang mengalami defisit perdagangan dengan China. Negara-negara Eropa dan Asia termasuk Indonesia juga mengalami hal seruoa. Hingga tahun 2006,neraca perdagangan Indonesia dengan China masih surplus. Namun sejak tahun 2007 Indonesia telah mencatat defisit dengan pertumbuhan fantastis. Tahun 2017 nilai-Nya mencapai US$ 6,3 miliar. Kenaikan itu terutama sejak Indonesia ikut menandatangani Asean-China Free Trade Aggrement(ACFTA) tahun 2008.Parah-Nya lagi, mayoritas barang di Ekspor Indonesia ke China adalah barang-barang mentah atau setengah jadi seperti Batu Bara dan Nikel. Diolah di China dan sebagian di ekspor kembali ke Indonesia. Sayang, hingga saat ini Pemerintah Indonesia tak pernah melakukan evaluasi apalagi koreksi terhadap kebijakan yang indikasi-Nya telah banyak merugikan ekonomi Indonesia.(Ad, dari segala sumber) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…