Jumat, 28 Juni 2019

Khasiat Yang Terkandung Dalam Buah Kultup|Agus Diar TV


KHASIAT BESAR TERKANDUNG DALAM BUAH KULTUP
Kali ini penulis akan mencoba mengulas tentang buah kultup, buah kultup hampir sama kemiripannya dengan buah ciptakan cuma, buah kultup memiliki batang yang bercabang-cabang yang cabangnya besar sebesar pergelangan tangan orang dewasa biasa-Nya bisa batang dan buah ciplukan banyak kita jumpai dihutan-hutan, karena buah kultup termasuk tumbuhan liar yang yang biasa-Nya tumbuh dan berkembang di semak-semak belukar liar di hutan.Kendati demikian banyak sedikit orang yang menyukai buah kultup untuk dijadikan jamuan obat tradisional. Di Hutan Kalimantan  misal-Nya  buah kultup biasanya digunakan sebagai obat-obatan pada anak-anak, dewasa dan tua sebagai obat kumur gigi atau dengan nama lain sariawan di pedalaman Suku Kalimantan.Di Hutan Sumatera kultup juga masih sedikit banyak dijumpai, karena buah kultup sudah teramat langka dikarenakan banyak perambahan luar sehingga batang ciplukan banyak ditebang tanpa sepengetahuan. Di Hutan Sulawesi juga banyak dijumpai,akan tetapi sungguh disayangkan buah kultup pada era modern sudah tidak banyak diminati karena langka dan jarang ditemui lagi.

Buah Kultup yang langka banyak diminati oleh para suku-suku pedalaman misal-Nya Suku dayak, suku anak dalam dan masyarakat yang hidup diperbukitan dan pegunungan yang manfaat nya buah  kultup untuk dijadikan jamuan mereka sebagai santapan yang  lezat dan enak bagi mereka, lalu bagimana dengan kita? Apakah kita pernah melihat dan merasakan enak-Nya buah kultup? Tentu saja ada sebagian kita yang pernah merasakan kelezatan buah kultup, dalam buah kultup terkandung Zat besi dan karbohidrat tinggi dengan kandungan Vitamin C, yang bisa untuk mencegah datang-Nya sariawan, panas dalam dan sakit tenggorokan.Riset ahli dalam penelitian beberapa tahun  yang lalu mengungkapkan bahwa dalam buah kultup mengandung zat besi untuk menyembuhkan sariawan, panas dalam dan sakit tenggorokan sebagaimana yang  telah dijelaskan diatas.

CIRI KHAS WARNA BUAH KULTUP
Buah Kultup dengan warna buah-Nya sangat begitu menawan dengan warna khas buah-Nya kehitam-hitaman jika sudah matang, biasa-Nya buah kultup yang matang biasanya akan terbuka  dengan sendiriny,buah kultup rapat oleh pembalut yang seperti bunga 🌷akan terbuka dengan sendiri-Nya, biasanya hal ini biasa terjadi pada musim penghujan.Dan jika buah kultup yang matang tidak di petik dari batang-Nya buah-Nya biasanya akan berguguran sebab buah kultup dengan ciri khas yang menawan dengan warna kehitaman dengan bintik-bintik yang hampir serupa dengan manik-manik bulat berwarna orange muda di sukai oleh kumbang dan kupu-kupu yang hinggap pada dahan-Nya. Sudah lah tentu buah kultup memiliki daya tarik tersendiri pada rupa, Keindahan dan rasanya.
Rasa ciri khas buah Kultup biasanya agak asam jika dikecap jika kita kunyah biasanya warna hitam dan orange muda pada buah kultup akan berubah warna menjadi ungu pada lidah, jika kita kunyah. Jadi komposisi yang ada pada buah kultup mempunyai kasiat untuk meredakan panas dalam serta sariawan.
Kendati buah ini begitu langka namun masih banyak juga orang tua dan bahkan anak-anak yang menyukai buah kultup dengan ciri khas dan rasanya.Pada buah kultup  yang matang biasabya tidak mempunyai efek samping bagi siapa saja yang mengkomsumsi-Nya, oleh sebab itulah buah kultup masih banyak diburu dihutan-hutan untuk dijadikan jamuan setelah makan,yang faedah-Nya  buah keletup ini begitu besar dari buah-buahan yang ada.

KESIMPULAN
Buah kultup merupakan salah satu tumbuhan  yang liar yang hidup dihuta-hutan yang biasa tumbuh dan berkembang di semak-semak belukar, meski termasuk tanaman liar,namun kultup memiliki manfaat yang besar bagi tubuh kita dengan makna  lain dapat menguat kan stamina dalam tubuh. Dan buah kultup tidak memiliki efek  samping bagi siapa saja yang mengkonsumsi tumbuhan langka yang satu ini. Dan juga  memiliki memiliki kelebihan dari buah-buah lain-Nya.Ciri khas buah kultup berasa agak asam jika di kecap dilidah dan bila dimakan warna hitam-Nya akan berubah menjadi warna keunguan.
[Ad, dari segala Sumber].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...