Langsung ke konten utama

Potret Sejarah| Pembantaian Muslim di Sebrenica |Agus Diar TV

SEJARAH PEMBANTAIAN MUSLIM DI SEBRENICA


Potret Sejarah, Dunia pada Juli lalu memperingati 23 tahun pembantaian atau genosida Srebrenica.Pada Juli 1995,didaerah Srebrenica, lebih dari 8000 Muslim Bosnia-Herzegovina dibantai oleh pasukan Serbia Bosnia-Herzegovina, pasukan paramiliter Serbia dibawah pimpinan Jenderal Ratko Mladic. Selain pasukan  Serbia Bosnia, pasukan para militer Serbia Scorpion serta ratusan sukarelawan Ukraina, dan Rusia juga turut bersalah atas pembantaian ini. 

Dari daftar orang hilang dan terbunuh di Srebrenica yang disusun Komisi Federal Bosnia untuk orang hilang tercatat 8.373 nama, sampai Juli 2012,6.838 korban sudah teridentifikasikan melalui tes DNA. Lebih dari 6000 korban sudah dimakamkan di pusat peringatan Potocari sampai Juli 2013.Pada tahun 2005,Kofi Annan, yang satu menjabat sekretaris jendral PBB mengambarkan pembunuhan massal ini sebagai kejahatan terburuk  di tanah Eropa sejak perang Dunia kedua. Pada Februari 2007,Mahkamah Internasional menetapkan kejadian sebagai sebuah genosida. 

DALANG PERISTIWA 
KEJAM SEBRENICA
Dalang peristiwa kejam di Sebrenica adalah Jenderal Republik Srpska(Serbia) yang berjuluk sijagal Bosnia, Ratko Mladic, Ia tumbuh menjadi anggota Liga Komunis Yugoslavia, lalu berkarier Tentara Rakyat Yugoslavia. Posisi-Nya melejit dari perwira tinggi, Kepala Staf Angkatan Darat, sampai akhir-Nya ditunjuk sebagai Jenderal saat memasuki Perang Bisnis tahun 1992-1995.
Sebagaimana yang dilaporkan situs tirto.Id, mengutip laporan ICTV, dijelaskan tanggal 11 Juli 1995 pembantaian dimulai dengan memisahkan laki-laki berumur 12-77 tahun. Alasannya untuk diintrogasi, namun ini hanyalah dalih agar target bisa dipisahkan dari para perempuan, orang tua, atau sanak keluarga lain-Nya. Pembunuhan pertama terjadi disebuah gudang dekat desa Kravica, lalu berlanjut ke sudut desa-desa lain. Rombongan korban disuruh berbaris didekat lubang yang dijadikan kuburan massal, lalu ditembaki satu-petsatu di bagian belakang kepala. Para tentara menyasar kesegala gender dan usia. Tua, muda, orang tua, Anak-anak bahkan bayi. Semua menjadi sasaran kekejaman Mladic. Tak ketinggalan pula kasus pemerkosaan yang dialami korban selamat maupun yang selanjut-nya dibunuh.

KEGAGALAN GENOSIDA 

TERHADAP 
MUSLIM BOSNIA
Genosida terhadap Muslim Bosnia sesungguh-Nya merupakan cerminan kegagalan dunia Internasional dibawah kendali negara - negara kapitalis dunia. Genosida ini tidak bisa dilepasakan dari pembicaraan yang dilakukan kapitalisme global PBB. PBB selama ini menjadi alat negara - negara imprealis dunia. 

Pembantaian ini tak bisa dilepaskan dari fakta bahwa pada April 1993,PBB menyatakan daerah enklave yang terkepung di lembah Drina, Sebsrenica, Bosnia Timur Laut, sebagai daerah aman dibawah perlindungan PBB. Namun, pada Juli 1995,Pasukan Perlindungan PBB(United Nations Protection Force/UNFROFOR), terdiri dari kontingen sebesar 400 tentara Belanda(Dutchabat), tidak mencegah pendudukan Srebrenica dan pembantaian terjadi setelah itu. 


Pada tanggal 6 Juli 1995,pasukan Korps Drina dari tentara Serbia Bosnia mulai menggempur pos-pos tentara Belanda di Srebrenica. Pada tanggal 11 Juli pasukan Serbia memasuki Srebrenica, anak-anak, wanita dan orang tua berkumpul di potocari untuk mencari perlindungan kepada pasukan Belanda. Pada tanggal 12 Juli  pasukan Serbia mulai memisahkan laki-laki berumur 12-77 untuk "diintrogasi".Pada tanggal 13 Juli pembantaian pertama terjadi digudang dekat Desa Kravica.Alih-alih melindungi. Pasukan Belanda justru menyerahkan 5000 pengungsi Bosnia kepada pasukan Serbia, untuk ditukarkan dengan 14 tentara Belanda yang ditahan di pihak Serbia. 


Dalam 10 tahun pembantaian Srebrenica, Kofi Annan menyatakan kesalahan utama memang ada pada pelaku genosida. Orang-orang yang mendukung-Nya, hingga mengurus penguburan korban. Namun, ia juga menegaskan bahwa PBB telah membuat kesalahan serius, yang berakar pada filosofi ketidak bersihkan, Srebrenica kata-Nya, akan menjadi tragedi yang selama-Nya menghantui PBB.
 

Kegagalan PBB untuk melindungi umat Islam bukanlah pertama kali. Berbagai pembantaian dengan umat Islam menjadi korban tidak bisa dilepaskan dari kebijakan PBB yang berada dibawah naungan Amerika Serikat dan sekutu-kutu-Nya. Hingga saat ini pembantaian terhadap Muslim Palestina terus berlangsung. PBB tidak bisa melakukan apa-apa. Berbagai resolusi yang dikeluarkan PBB terkait Israel lumpuh karena diveto oleh Amerika Serikat. 


PBB juga tunduk pada kebijakan Amerika di Suriah, yang telah menyebabkan 500 ribu Muslim terbunuh, jutaan harus mengungsi meskipun Amerika Serikat telah demikian banyak melakukan pembantaian saat penduduk Irak dan Afganistan, PBB tidak bisa berbuat banyak. Malah PBB kadang memberikan legitimasi atas sepak terjang Amerika Serikat. [Ad.Dari Segala Sumber]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…