Langsung ke konten utama

Sejumlah Hukum yang di Klaim menggunakan Adat-Istiadat|Agus Diar TV


SEJUMLAH HUKUM 
YANG DIKLAIM 
MENGGUNAKAN ADAT-ISTIADAT
Kali ini penulis akan mencoba merilis tentang adat-istiadat dan mengapa harus ada klaim yang menggunakan adat-istiadat  atau Konvensi sebagai dalil-Nya berikut penjelasan penulis mengenai hal tersebut semoga bermanfaat besar untuk para netizen dan penulis.Penjabaran mengenai hal tersebut akan penulis perincikan menjadi dua bagian kemungkinan;

Hal pertama, Hukum-Nya benar, tetapi salah dalam penggunaan dalil-Nya. Misal-Nya, teman yang bertamu dirumah teman teman-Nya, dia dibolehkan makan makanan teman-Nya. Dalio-Nya bukan adat-istiadat atau kovensi, melainkan Qs. An-Nur[24]:41.Maka buah yang jatuh dari pohon dibolehkan, bukan karena adat-istiadat atau Konvensi, melainkan karena Hadist Nabi Saw. Yang membolehkan memakan-Nya. Diam-Nya anak gadis yang menandakan persetujuan-Nya untuk dinikakan dengan  lelaki juga bukan karena adat-istiadat atau Konvensi melainkan karena hadist Nabi SAW. 

Hal Kedua,Hukum dan dalil-Nya salah, Misal-Nya, ketika seorang istri yang sudah ditiduri suaminya, lalu ia mengklaim suaminya belum membayar sedikit pun mahar yang dibayarkan, maka klaim semacam itu tidak boleh diikuti. Sebalik-Nya hakim wajib menolak-Nya, jika adat-istiadat atau Konvensi pernikahan, biasanya tidak dinikahkan kecuali dengan membayar mahar-Nya. Dengan bwhutu, adat istiadat atau Konvensi tersebut bisa dijadikan  dalil hukum syariah. Dalam konteks ini, kesalahan-Nya ada pada hukum dan dalil-Nya, karena hal mahar tidak bisa digugurkan dengan menggunakan argumentasi adat-istiadat atau Konvensi. Mesti-Nya belum dibayar, maka harus divonis sebagaimana hak-Nya tanpa melihat adat-istiadat atau Konvensi

Semua ini membuktikan bahwa adat-istiadat atau Konvensi itu tidak bisa dijadikan dalil hukum syariah. Adat-Istiadat atau Konvensi juga tidak layak dijadikan kaidah syariah. Pasal-Nya kaidah syariah adalah hukum menyeluruh juga bukan hukum umum karena tidak memiliki bagian dan rincian. 

Mengenai adat-istiadat atau Konvensi penduduk Madinah, yang dijadikan dalil oleh Imam Malik, maka ditegaskan Oleh Dr. Said Ramadhan al-Buthi, dalam kitab-Nya bahwa adat-istiadat atau Konvensi penduduk Madinah yang bisa dijadikan dalil, disyaratkan tidak menyalahi hukum syariah. 

Meski demikian penulis berpendapat, kalaupun adat-istiadat atau Konvensi penduduk Madinah dijadikan dalil yang menjadi dasar adat-istiadat atau Konvensi tersebut. Dengan asumsi, Nabi SAW hidup bersama para sahabat di Madinah selama sepuluh tahun, baginda melihat dan mendengar, mengakui apa yang mereka lakukan didepan beliau. [Ad, dari segala sumber].

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…