Langsung ke konten utama

Debat|Pro-Kontra Islam Nusantara|Agus Diar TV

    
 PRO-KONTRA ISLAM   NUSANTARA
   

     Istilah islam Nusantara kembali ramai diperbincangan di kalangan masyarakat. Banyak yang pro maupun kontra terhadap istilah tersebut. Dikatakan kembali karena memang istilah ini sebenar-Nya sudah muncul pada beberapa tahun sebelum-Nya. 

Pemantik awal-Nya adalah saat peringatan Isra'Mi'raj Nabi Muhammad saw. Pada tanggal 17Mei 2015 di Istana Negara. Saat tilawah ayat suci Al-Qur'an, lantunan ayat dibacakan dengan langgam Jawa. Sontak kemudian ramai masyarakat memperbincangkan hal tersebut. 

Menteri Agama "Lukman Hakim Saifuddin" Pun kemudian menyampaikan alasan-Nya mengapa ia menggunakan langgam Jawa pada saat itu. "Kenapa langgam Jawa yang ditampilkan? Karena saya belum menemukan langgam daerah yang lain yang lain tajwid-Nya baik. Bila ada tolong kirim rekamannya. " Tulis Menteri Agama di akun@lukmansafuddin pada ahad[17/5].

Belum selesai polemik persoalan langgam Jawa tersebut "Menag menyampaikan narasi baru berupa istilah Islam Indonesia. Hal ini dia sampaikan pada malam Haflah Akhir us sunnah dan Khatamil Qur'an Pondok Pesantren Al-Faham, Purworejo-Jawa Tengah, Rabu malam 10 Juni 2015.Dalam tausiyah-Nya, Menag menyebut Islam Indonesia adalah Islam khas, apalagi penyebaran Islam di Indonesia berbeda dengan penyebaran Islam di Timur Tengah, Eropa dan Afrika. Bahkan berbeda dengan daerah Persia dan Asia Selatan. Islam disebarkan di nusantara tanpa menumpahkan setetes darah pun. 

Kemudian puncaknya saat ketua umum PBNU Said Aqil Siroj memberikan sambutan saat membuka acara Istighosah menyambut Ramadhan dan pembukaan Munas Alim Ulama NU. Pada Minggu 14 Juni 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta yang paling berkewajiban mengawal Islam nusantara adalah kata Said Aqil. 

Kemudian secara resmi istilah Islam nusantara digunakan oleh PBNU dalam tema Muktamar yang berlangsung pada 1 Agustus hingga 5 agustus 2015 di Jombang, dengan mengusung tema utama meneguhkan Islam nusantara untuk peradaban Indonesia dan dunia. 

Melihat tema yang diambil tersebut diduga kuat ada keinginan untuk menjadikan Islam nusantara sebagai acuan kehidupan bagi umat Islam yang ada di Indonesia maupun di dunia. 

Hal ini bisa disimpulkan dari apa yang dijelaskan oleh Rais syuriah PBNU itu oleh Kyai Haji masdar F Mas'udi. Iya menyatakan meskipun posisi Indonesia jauh dari tempat Turunnya wahyu atau Alquran, pada aspek pengalaman pemahaman dan tradisi Indonesia sangat menjanjikan untuk dijadikan pegangan dunia Islam. 

Kalau ditelaah lebih dalam keluarnya istilah Islam nusantara ini tidak terlepas dari pola fikir yang mencoba membandingkan pola fikir yang mencoba membandingkan kehidupan umat Islam yang ada di Indonesia dengan umat Islam yang ada di Timur Tengah. Mereka menyebutkan kehidupan umat Islam di Timur Tengah penuh dengan kekerasan ini sebagaimana yang terjadi di beberapa negeri muslim seperti Ira surya di Mesir dan negeri-negeri Muslim lainnya. Menurut mereka hal tersebut jauh berbeda dengan kehidupan umat Islam di Indonesia penuh dengan ketegangan kedamaian tidak ada perang dan tindak kekerasan lainnya inilah yang kemudian melahirkan gagasan atau ide berupa Penggunaan istilah Islam Indonesia atau Islam nusantara. 

Padahal pola fikir Dengan pemahaman yang demikian tidaklah tepat Alasannya karena apa yang terjadi di Timur Tengah yang terus bergolak sesungguhnya bukan karena faktor Islam. Wilayah ini terus memanas karena strategi penjajah barat timur tengah selama ini telah menjadi arena pertarungan kepentingan antara Inggris Amerika Rusia dan Perancis sebagai contoh konflik yang sedang terjadi di zaman sekarang ini. 

Konflik tersebut sebenarnya bukanlah konflik Syiah sunni tetapi pertarungan Amerika dengan Inggris untuk merebut kekuasaan diaman karena itu mengaitkan konflik timur tengah dengan sikap keber Islam dan kaum muslimin di sana merupakan tindakan Naif dan diskriminatif. Tindakan ini telah Menutup Mata terhadap apa yang telah dilakukan negara-negara penjajah di wilayah tersebut. 

PRO KONTRA ISLAM NUSANTARA
Cara ini secara resmi telah disuarakan oleh NU sebagai organisasi keagamaan tersebar di Indonesia Hal ini didukung oleh pemimpin di negeri ini dengan mayoritas umat Islam terbesar di IndonesiaNamun demikian istilah Islam nusantara Ini menimbulkan polemik di tengah-tengah Masyarakat khususnya umat Islam di negeri ini. Menurut Ismail yang terjadi ini di sejumlah negara di wilayah Timur Tengah misalnya surya adalah proses perlawanan melawan penguasa yang zalim ini minus persoalan ISIS yang mencoreng peradaban Islam spirit perubahan dan perlawanan Islam itu ada di Timur Tengah saat ini ingat dengan Arab piring jelasnya. 

PANDANGAN PIHAK YANG KONTRA
Ide Islam nusantara menurut sebagian masyarakat muslim yang lain adalah sebuah ide atau gagasan yang membahayakan. Menurut ketua komisi dakwah dan pengembangan masyarakat MUI pusat Haji Cholil Nafis ada dua makna istilah Islam nusantara objektif dan subjektif objektif adalah memaknai Islam itu berdasarkan sesuatu yang berlaku di Indonesia tetap berdasar Alquran dan hadis. Tidak ada iya kayak kan dengan budaya di Indonesia yang menurut ilmu Ushul Fiqh berdasarkan perannya pada Rabu 4 / 7/ 2018.

Adapun yang subjektif menurut Kyai Haji Kholil dapat memalingkan makna Islam dan istilah Islam nusantara tersebut sehingga dapat dijadikan sebuah alat baru untuk memecah belah umat Islam itu sendiri yang subjektif itu dapat memalingkan makna Islam nusantara menjadi berlawanan dengan Islam yang turun di Arab dan kadang-kadang rasis kepada Arab dan makna Islam untuk menghancurkan Islam itu sendiri lanjut pengasuh pondok pesantren Cendekia amanah tersebut. 

KH. Yahya Zainul Ma'arif (Pengasuh PP. Al-Bahjah, Cirebon) biasa dipanggil Buya Yahya, menjelaskan persoalan yang dibawakan dalam tema solusi dinamika Islam kekinian di Indonesia dan dunia Dalam Seminar ilmiah yang diadakan Pondok Pesantren Sidogiri pada hari Minggu 24 Juni 2016. Menjelaskan ketentuan ini adalah ajaran ulama sejak zaman dulu dan menjadi identitas Ahlussunnah Wal Jamaah di seluruh dunia sejak generasi awal dengan ini tidak perlu ada Islam Arab islami Inggris ataupun Islam nusantara tugas alumnus Pondok Pesantren Daarullughah Wada'ah, Bagilah Pasuruan ini. 

Pengasuh pondok pesantren Al Anwar Rembang Jawa Tengah sekaligus Putra KH Maemun Zubair, sesepuh PPP yakni KH Muhammad Najieh Maemun(Gua Najih) , menolak dengan tegas rumusan Islam nusantara Gus najih beranggapan rumusan itu mengarah pada penyesatan opini publik apabila Islam nusantara tersebut dicetuskan dan didakwahkan oleh tokoh-tokoh yang sudah dikenal berpaham liberal bahkan Syiah Gus najih watir gerakan Islam nusantara itu menjadi besar liberalisasi dan syiahisasi bagi umat Islam Indonesia. 

MEMECAH BELAH UMAT
 Islam nusantara Ini adalah sebuah ide yang berbahaya Mengapa? Karena bisa jadi ke depan akan muncul Islam versi yang lain seperti Islam Timur Tengah Islam Asia Islam Afrika dan sebagainya. Istilah-istilah ini akan semakin membuat perpecahan di tengah-tengah umat Islam. 

Jika perpecahan itu terjadi hal demikian akan mengamini strategi Barat Dalam memecah belah umat Islam. Ini sebagaimana yang terungkap dalam dokumen yang dikeluarkan oleh lembaga think-thank(gudang pemikir) AS, Iya ini peran Corporation  yang baru judul Civil demokratis Islam. 

Karena itu gagasan Islam nusantara ini harus dihentikan gagasan ini akan membuat perpecahan dikalangan umat Islam di dunia Bahkan ia akan mencegah umat Islam di seluruh dunia bersatu di bawah naungan institusi Khilafah Islamiyah 

wallahualam[ Ad,dari segala sumber].

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…