Sabtu, 06 Juli 2019

Mahkota Dewa Di Ujung Senja|Agus Diar TV

MAHKOTA DEWA DI UJUNG SENJA

Jangan latah! 
Usai salat Jumat saya dikerumuni berapa jamaah terjadilah diskusi sambil duduk melingkar pak ustad kau sekarang ini Islam nusantara bagaimana itu ia hanya seorang jamaah Itu kan istilah tokoh Islam juga bahkan Kyai kita ikut saja orang lain menanggapi. 

Saya sampaikan bahwa kelak kita ini akan dihisab sendiri- sendiri Kita akan mempertanggungjawabkan apa yang kita lakukan juga sendiri-sendiri tidak bisa kita merasa aman dan nyaman karena akan ditolong orang lain kecuali mengharap syafaat dari Rasulullah SAW. Setiap diri tidak akan menanggung dosa orang lain sebagaimana disebutkan dalam al-qur'an surat al-an'am ayat 6 ayat 164 al-isra 17 ayat 15 Al Fatir 35 ayat 18 az-zumar 39 ayat 7 dan An Najm 53 ayat 38 Oleh sebab itu kita jangan gampang mengikuti sesuatu itu bertentangan dengan Islam Jangan kita ikuti. 

Kita kan cuman ikutan merekalah yang bertanggung jawab bukan begitu tanah jamaah lain saya sampaikan tidaklah demikian adanya Rasulullah SAW kuatirkan Sesuatu terjadi pada umatnya Imam Abu Daud dan Baihaqi meriwayatkan hadis Rasulullah SAW Sesungguhnya aku kuatir menimpa umatku para pemimpin yang menyesatkan(Al-Immaah-Al-Muddilin). 

Jadi bila benar kita ikuti sebaliknya bila kita tiru jangan kita ikuti tolak ukur benar atau salah itu sudah jelas yakni al-quran As Sunnah ijma' sahabat dan rias syariah yang telah banyak di kali oleh para ulama yang lurus. 

Bahkan saya katakan orang yang diikuti ( pemimpin) itu, di akhirat kelak akan berlepas tangan dari mereka yang mengikuti dirinya. Bukan an-nahl Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah berfirman di dalam Alquran yang maknanya yaitu ketika orang-orang yang diikuti itu berlepas diri dari orang-orang yang mengikuti diri mereka dan mereka melihat siksa dan ketika hubungan di antara mereka terputus sama sekali. Berkatalah orang-orang yang mengikuti Andai kami dapat kembali ke dunia Pasti Kami akan berlepas diri dari mereka sebagaimana mereka melepas diri dari kami Allah memperlihatkan kepada mereka amal perbuatan mereka menjadi sesalan bagi mereka sekali-kali mereka tidak akan keluar dari api neraka Quran Surah Al Baqarah 166-167.

Imam Ath Thabrani menyimpulkan para pemimpin kepala dan ketua per tas tangan dari orang-orang tim mereka beliau memaparkan Sesungguhnya Allah mengabarkan bahwa orang-orang yang menyekutukan Allah Subhanahu Wa Ta'ala berlepas tangan daripada pengikut mereka pada saat mereka menyaksikan azab Allah yang nyata tidak dikhususkan untuk mereka saja satu sama lain namun berlaku umum bagi semuanya jadi masuk ke dalam perkara itu semua orang yang diikuti atas kekufuran dan kesesatan mereka berpasangan dari orang-orang yang mungkin mereka yang dulu mengikuti mereka dalam kehidupan di dunia tapi kalah mereka menyaksikan azab Allah di akhirat tafsir Ath Thabrani Jami Al Bayan Al Quran 3 287.

Begitu juga di dalam Alquran surah Ibrahim 14 ayat 21 disebutkan yang artinya mereka semua di padang mahsyar akan berkumpul menghadap ke hadirat Allah lalu berkatalah orang-orang yang telah lemah kepada orang-orang yang sombong Sesungguhnya kami dulu adalah para pengikut kalian dapatkah kalian menghindarkan kami dari azab Allah walaupun sedikit saja mereka menjawab seandainya Allah memberikan petunjuk Jaya kami dapat memberikan petunjuk sama saja bagi kita Apakah kita mengeluh atau bersabar sama sekali kita tidak mempunyai tempat untuk melarikan diri Quran Surah Ibrahim 14 ayat 21.

Memang tidak ada Islam nusantara itu tanya jamaah pertama lagi penasaran saya sampaikan ke yang dibawa oleh Rasulullah SAW itu hanya satu yakni Islam bukan Islam Mekah, Islam Madinah,Islam Turki dan lain sebagainya. 

Coba apa ayatnya tanya dia lagi Alhamdulillah saat itu saya hafal lalu saya menyebutkan beberapa ayat beserta maknanya dalam bahasa Indonesia Allah Subhanahu Wa Ta'ala antara lain berfirman dengan maknanya sesungguhnya agama yang diridhai disisi Allah hanyalah Islam Quran surah Ali Imran 3 ayat 19.

Siapa saja yang mencari agama selain Islam sekali-kali tidaklah akan diterima dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi Quran surah Ali Imran 3 ayat 85.

Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kalian agama kalian telah kucukupkan bagi kalian yang aku dan telah ku ridhoi Islam itu menjadi agama kalian Quran surah al-maidah 5 ayat 3.

Siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan dusta terhadap Allah sedangkan dia diajak pada agama Islam Allah tiada memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim Quran surah As-shaf 61 ayat 7.

 Itulah artian dari sebuah filosofi bagi kita semua terutama untuk penulis sendiri dan semoga uraian dari filosofi mahkota dewa di ujung senja merupakan salah satu pemikiran yang benar-benar sebagai pelajaran  buat umat Islam baik di Indonesia lebih lebih di dunia Barakallah fil qur'anil Karim Wallahu A'lam Bishawab.[ Ad,dari segala sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maulid Nabi saw mengikuti akhlak Rasulallah Ustadz Roma Iswadi,MA

Kerinci ,Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad Saw 1441H  yang bertempat di Surau Shilaturrahmi Pancuran Tiga Desa Tj. Mudik Ker...