Langsung ke konten utama

Penadah Barang Curian |Agusdiar TV

PENADAH BARANG CURIAN
Ilustrasi Gambar

    Sorot Islam, Ditengah kehidupan masyarakat banyak beredar barang hasil curian bahkan ada kawasan di beberapa Kota yang dikenal sebagai tempat jual beli barang curian, persoalannya Bolehkah barang curian itu dimiliki atau Bagaimanakah jika mau membeli barang namun tahu bahwa barang tersebut adalah hasil curian berikut penulis akan menguraikan tentang penadah barang curian menurut hukum Islam dan di sini juga penulis juga memiliki kelemahan dan butuh solusi serta argumen dari para netizen untuk memecahkan dan memberikan solusi tentang persoalan ini. 

Mengenai barang hasil curian maka ketentuannya :
Pertama, jika seseorang mempunyai barang yang diketahui sebagai barang hasil curian atau seseorang membeli barang hasil curian maka pemilik barang boleh mengambilnya dan dia lebih berhak atas barang tersebut. 

Kedua jika seseorang yang dikenal keadilannya mempunyai barang atau dia membeli barang yang dimiliki dari perdagangan maka pemilik barang memiliki opsi antara membayar harga kepada pembeli tersebut sesuai dengan harga belinya atau memperkarakan penjual atau pencurinya. 

Tentang hal diatas dalilnya sebagaimana yang disebutkan oleh Baginda Rasulullah Saw, Rasul saw memutuskan bahwa kalau orang yang membeli dari orang-orang yang mencuri itu bukan pihak yang tertuduh maka pemiliknya atau pemilik barang diberi pilihan atau opsi jika mau dia boleh mengambil kembali barang yang dicuri dengan membayar harganya dan jika dia mau dia boleh menelusuri pencurinya.(HR.Ahmad) 

Penulis mengambil  Hikayat dari para sahabat pada Usaid Bin Hadir mengatakan, Abu Bakar, Umar dan Utsman memutuskan dengan demikian. 

 sedangkan hadist yang mengatakan Siapa saja yang mendapati fisik hartanya pada seseorang maka dia lebih berhak terhadapnya dan pembeli itu bisa memperkarakan penjualnya ini adalah Hadits dhaif atau lemah. 

Karena hadist itu manshuq redaksi-Nya membedakan hukum pembeli yang tidak tertuduh. Sedangkan hukum mengikuti jelas wajib benar bahwa hadis hukum ini tidak masyhur di dalam kitab-kitab fiqih. Tetapi, hadits ini shahih dan tidak bertantangan dengan hadist shahih yang digunakan. 

Memang ada beberapa istinbath hukum fiqih yang bertentangan dengan hukum ini maka saya tegaskan Bahwa tidak boleh Ada pendapat yang bertentangan dengan Nash yang Shahih dan jelas Allah SWT berfirman dengan maknanya :
" Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang Mukmin dan tidak pula bagi perempuan yang Mukmin apabila Allah dan rasulnya telah menetapkan suatu ketetapan akan ada lagi mereka pilihan yang lain tentang urusan mereka."(QS.Al-Ahzab[33]:36.

Artinya jika Allah dan rasulnya telah menetapkan hukum syara tertentu maka tidak ada lagi pilihan bagi orang mukmin baik lelaki maupun perempuan terkecuali menerima dengan lapang dada tidak boleh ada keberatan apapun di dalam hatinya menerima dengan lapang dada artinya menerima apa yang dinyatakan dalam nash  apa adanya. 

PARA ULAMA MENYATAKAN 
TENTANG KAIDAH 
PENADAH BARANG PENCURIAN
"La ittihada ma'a wurudi an-nash" (Tidak boleh ada ijtihad, ketika ada nash syariah yang menyatakan-Nya. 

Dengan kata lain ijtihad itu hanya berlaku jika jenis dan hukumnya tidak dinyatakan oleh Nas jika jenis dan hukumnya dinyatakan oleh maka tidak boleh ada ijtihad. Karena ijtihad dalam hal ini akan menyalahi itulah mengapa hukum yang berlaku dalam kasus barang curian itu sebagaimana hukum yang dinyatakan di atas. 

 Pertama, jika seseorang mempunyai barang yang diketahui sebagai barang hasil curian atau seseorang membeli barang hasil curian maka pemilik barang boleh mengambilnya dan dia lebih berhak atas barang tersebut. 

Kedua, jika seseorang yang dikenal keadilannya mempunyai barang atau dia membeli barang yang dimiliki dari pedagang maka pemilik barang memiliki opsi antara dengan harga-harga belinya atau memperkarakan penjual atau pencurinya. 
wallahualam(Ad, dari segala sumber). 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…