Langsung ke konten utama

Puasa Sunnah Syawal Sebelum Meng-Qhada Puasa Ramadhan Bolehkah?|Agusdiar TV

PUASA SUNNAH SYAWAL
 SEBELUM MENG-QHADA PUASA RAMADHAN BOLEHKAH? 
Ilustrasi Gambar

Tanya :
Ustadz, bolehkah seseorang yang masih punya utang puasa Ramadhon misal perempuan yang haid berpuasa sunnah 6 hari dibulan Syawal lebih dulu dari mengqadha puasa Ramadan-Nya? 

Jawaban tentang pertanyaan diatas :
      Para ulama berbeda pendapat mengenai boleh tidaknya seseorang berpuasa sunnah 6 hari dibulan Syawal sebelum mengqadha puasa Ramadan nya dalam 2 pendapat. 

Pendapat  Pertama Jumhur Ulama, Iya itu ulama mazhab Hanafi, Maliki, dan Syafi'i secara global membolehkannya.

Ulama mazhab Hanafi membolehkan secara mutlak tanpa disertai kemakruhan sedang ulama mazhab Maliki dan Syafi'i membolehkan disertai kemakruhan yang kedua ulama mazhab Hambali mengharamkan puasa sunnah 6 hari bulan Syawal sebelum meng-Qadha puasa Ramadhan. 

Pendapat yang lebih kuat adalah pendapat jumhur ulama yang membolehkan seseorang berpuasa sunnah 6 hari dibulan Syawal sebelum meng-Qadha puasa Ramadhan-Nya. Hal itu dikarenakan meng-Qadha puasa Ramadhan adalah kewajiban yang longgar waktunya atau wajib puasa Yaitu dapat dikerjakan Mulai bulan Syawal hingga bulan Sya'ban. 

Dalil bahwa puasa Ramadan adalah kewajiban yang longgar waktunya adalah Hadits dari Aisyah Ra yang berkata Saya pernah mempunyai kewajiban atau Qhada puasa ramadhan maka saya tidak mampu meng-Qadhanya kecuali di bulan Sya'ban.(Kaana Yakuunu 'alaiya shaum min Ramadhan, famaa astathiiu an aqhiyahu  ilaaha fi sya'ban(HR.Bukhari dan Muslim). 

Hadits di atas ini menunjukkan bahwa mengkada puasa Ramadan itu waktunya longgar dari bulan Syawal 3 bulan Sya'ban yakni hanya 1 bulan sebelum ramadhan tahun berikutnya padahal sudah diketahui bahwa Aisyah ra adalah orang yang sangat gemar melaksanakan ibadah ibadah yang sunnah termasuk puasa sunnah 6 hari dibulan Syawal. 

Imam Ibnu Bathtal berkata mengenai kelonggaran waktu mengqadha puasa ramadhan para ulama telah sepakat bahwa barangsiapa yang mengqadha puasa Ramadan yang ditinggalkan nya di bulan Sya'ban sesudahnya maka dia dapat disebut orang yang pernah menunaikan kewajibannya berpuasa Ramadhan tanpa melalaikan kewajiban itu. 

Imam Ibnu Rajab Al hanbali berkata mengenai bolehnya mendahulukan kesunahan dari kewajiban yang longgar waktunya atau wajib muwassa apakah dia boleh melakukan kesunahan sebelum menunaikan kewajiban itu dalam jenisnya yang sama ataukah tidak? Ini ada dua macam yang pertama dalam ibadah jika ibadah mahabbah ini waktunya longgar maka boleh melakukan kesunahan sebelum menunaikan kewajiban seperti halnya salat menurut kesepakatan ulama dan boleh pula melakukan kesunahan itu sebelum ada suatu kewajiban seperti halnya puasa Ramadan menurut pendapat yang lebih Shahih. 

Berdasarkan penjelasan ini maka boleh hukumnya seseorang yang masih mempunyai hutang puasa ramadhan karena syar'i misalnya karena haid sakit atau perjalanan untuk melakukan puasa sunnah 6 hari pada bulan Syawal itu dia belum mengqada puasa Ramadan nya namun yang lebih afdhol meski tidak wajib adalah dia mengqadha puasa Ramadan lebih dulu baru kemudian berpuasa sunnah 6 hari pada bulan Syawal wallahua'lam.(Ad bersama KH. M. Shiddiq Al-Jawi). 


Komentar

  1. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…