Langsung ke konten utama

Besar-Nya Bahaya memutuskan Kerabat(Family)|Agusdiar TV


BAHAYA BESAR 
MEMUTUSKAN 
HUBUNGAN KERABAT(FAMILI) 


Hai, guys Jangan bosan-bosan ya back artikel kita dengan berbagai  judul-judul  terbaik lho, kali ini kita sebagai penulis akan coba mengulas dan memaparkan tentang Bahaya besar memutuskan hubungan famili yang penulis sesuaikan dengan Hadist-Hadist serta dalil-dalil-Nya. 
Yuk kita lihat bagaimana penjabaran dan penukilan kita dalam konteks kaca mata agama. 

Dari Abu Hurairah Rasulallah s. a. w bersabda :
Ketika telah usai menciptakan makhluk, maka tegaklah rahim, dan ditanya Allah : Mengapakah? 

Jawab Rahim : Ini berdiri-Nya seorang pelindung pada-Mu dari pada putus hubungan.

Firman Allah : Ya, apakah anda rela(puas)  bahwa aku menghubungi siapa yang menghubungi-Mu, dan memutuskan hubungan pada-Mu? 

Jawab Rahim : Baiklah.Maka Firman Allah : Itu untuk-Mu, kemudian Nabi s.a. w bersabda :
Jika kamu suka bacalah ayat : Apakah sekira-Nya kamu berkuasa, lalu akan merusak diatas bump dan memutus hubungan famili-Mu.Mereka sedemikian itulah yang dikutuk oleh Allah, lalu dipekakkan dan dibutakan mata pengligatan mereka(Arra'd : 25).(HR.Bukhari dan Muslim). 

Pada zaman dahulu ada seorang Ulama besar Ibnu Hajar beliau berkata dan sembari menceritakan :

Ada seorang kaya pergi berhaji lalu menitipkan uang seribu dinar pada seorang yang terkenal baik amanat-Nya, untuk  diminta bila ia telah kembali, kemudian setelah ia selesai berhaji, tiba-tiba orang yang dititipi itu meninggal, maka ia menanyakan harta yang dititipkan pada ahli waris-Nya, tetapi ahli waris-Nya tidak mempunyai uang, maka ia bertanya pada ulama Makkah dan mereka berkata :

Jika pada tengah malam pergilah kesumur zam-zam dan lihatlah didalam sumur itu kemudian panggillah nama-Nya. 

Maka jika seorang yang baik pasti akan menjawab panggilan-Mu. 

Maka pergilah ia di tengah malam dan memanggil nama-Nya, tetapi tidak mendapatkan jawaban, maka ia kembali kepada para Ulama dan memberitahukan kepada mereka hanya mengucap : Inna lillahi wa Inna ilaihi raji'un. 

Kami kuatir kalau-kalau kawan-Mu itu ahli neraka, karena itu anda pergi ke Yaman disana ada sumur Birhut maka diwaktu tengah malam anda panggil nama-Nya, maka pasti akan menjawab

Dan tengah malam ia memanggil nama fulan, maka langsung ia menjawab. Lalu ditanyakan dimana harta mas-Ku? 

Jawab-Nya ada  ditempat dirumah-Ku, sebab saya tidak mempercayai siapapun tentang uang itu, dan pergilah kesana dan galilah tempat itu. 

Pasti akan mendapatkan-Nya lalu ditanya :
Apa yang menyebabkan anda disini padahal anda termasuk orang yang baik? 

Jawab : Saya mempunyai saudara perempuan dan aku bekot ia dan tidak pernah menghubungi-Nya atau membantu pada-Nya, karena itu Allah Azz Wa Jalla menyiksa pada-Ku oleh sebab itu, dan aku tempatkan ditempat ini. Dalil dalam hadist : Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan hubungan famili(Kerabat). 

Al-Qurtubi pernah menerangkan dalam tafsir-Nya : Para Imam telah sepakat bahwa memutuskan hubungan famili itu adalah haram, dan wajib tetap dihubungi-Nya. Arti memutuskan hubungan itu ialah menghentikan kebiasaan-Nya, seperti bantuan harta, atau ziarah atau surat-menyurat, jika demikian itu diputuskan tanpa uzur syar'i, maka hukum-Nya haram, adapun jika memang tidak ada hubungan dari semula maka tidak termasuk memutus hubungan. 

Abu Hurairah berkata : Rasulallah s. a. w bersabda :
"Siapa yang benar-benar beriman pada Allah dan hari kemudian maka hendak-Nya menghormati(menjamu) tamu-Nya. Dan siapa yang beriman pada Allah dan hari kemudian, maka harus menghubungi famili dan kerabat-Nya. Dan siapa yang beriman pada Allah dan hari kemudian, hendak-lah berkata baik atau diam.(HR.Bukhari dan Muslim). 


"Tidak ada dosa yang lebih layak untuk disegerakan oleh Allah siksa-Nya didunia disamping apa yang disediakan kelak di akhirat dari pada aniaya dan memutuskan hubungan famili."(HR.At-Tirmidzi Dan Ibnu Majjah). 

" Setiap amal anak Adam dihadapkan pada tiap hari kamis malam Jum'at, maka tidak diterima amal perbuatan orang yang memutuskan hubungan famili(Kerabat)."

Muhammad Al-Baqir r.a berkata :
Ayah-Nya Zainul Abidin berkata kepada-Nya Jangan bersahabat dengan orang yang memutuskan hubungan famili, sebab saya telah mendapatkan-Nya terkutuk dalam tiga ayat di dalam Al-Qur'an, Al-Baqarah 27,Arra'd 25,Muhammad 23.


Dari Anas r.a berkata : Rasulallah s. a. w :
"Siapa yang ingin diluaskan riski-Nya dan ditunda ajal-Nya(dipanjangkan umur-Nya),maka hendaklah ia menyambung hubungan famili-Nya.(HR.Bukhari dan Muslim). 

(Ad, dari segala sumber).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…