Langsung ke konten utama

Latar Belakang Sosial dan Geografis Kerinci|Agusdiar TV


LATAR BELAKANG SOSIAL BUDAYA DAN GEOGRAFIS KERINCI

Kabupaten Kerinci yang disebut juga Sakti Alam Kerinci merupakan daerah dataran tinggi yang terletak disebelah Barat Provinsi Jambi berada pada ketinggian 450 m sampai 1500 m dari permukaan laut atau antara 101° 08-101° 50 Bujur Timur dan 1°41- 2°26  Lintang Selatan dengan batas-batas-Nya sebagai berikut :

• Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. 
Sebelah Selatan Berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu.

Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Bungo Tebo, Provinsi Jambi dan 
Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. 
Daerah Kerinci terdiri dari dataran tinggi yang dilingkungi oleh Bukit Barisan yang Ibukaota-Nya Sungai Penuh dan berjarak 450 km dari kota Jambi. Selain dataran tinggi juga terdapat juga beberapa Gunung Kunyit, Gunung Raya, Gunung Sumbing dan Gunung Kerinci. 
Daerah ini terdiri dari beberapa kecamatan. 
Kerinci adalah daerah yang dibatasi oleh Alam yang sukar dilintasi oleh manusia, Utara, Selatan, Barat dan Timur dikelilingi oleh human belantara sehingga tampak sebuah Kabupaten yang mempunyai pancaran keeksotisan Alam nya yang alami. Daerah ini diperkirakan mempunyai luas 24.00 kilometer persegi dan berpenduduk diperkirakan lebih dari 280.000 jiwa atau sekitar 27 jiwa per kilometer  di Provinsi Jambi. 
Untuk memenuhi kebutuhan hidup-Nya sehari-hari mata pencaharian sebagian besar penduduk Kerinci adalah bertani yakni disektor pangan dan perkebunan.Disamping itu ada juga yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, walaupun pegawai negeri mereka juga ikut bersawah dan berladang untuk mata
pencaharian sampingan-Nya. 
Geografis  dan budaya-Nya, masyarakat Kerinci masih memiliki kebersamaan yang tinggi karena segala sesuatu diselesaikan dengan musyawarah, hal ini di karenakan  saling menghormati satu sama lain yang dimiliki oleh rakyat Kerinci.  Baik antara orang tua dengan anaknya maupun antara sesama anggota masyarakat lain-Nya. 
Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta gencarnya arus budaya asing ke Indonesia membuat kita kuatir dengan budaya asli yang kita miliki. Keragaman dan kekhasan kebudayaan yang menarik perhatian negara lain yang dipunyai Kerinci, lambat laun akan terperosok dengan pengaruh kebudayaan luar. 
Untuk itu hendaknya kebudayaan asli ini dipertahankan keberadaan-Nya sehingga sampai kapanpun ia akan tetap berdiri dalam wiliyah geografis Kerinci, Usaha untuk mempertahankannya itu berada pada pundak seluruh masyarakat Kerinci. Sebagai anggota masyarakat tentu pula kita bertanggung jawab melestarikan kebudayaan terlebih kebudayaan daerah perlu penting dalam mendukung pengembangan kebudayaan nasional. 

KEBUDAYAAN DAERAH KERINCI  TERHITUNG SEBAGAI BUDAYA BANGSA
Kebudayaan daerah kerinci yang kita  miliki terhitung sebagai kebudayaan bangsa,kebudayaan Kerinci  hidup dan berkembang sesuai dengan tata nilai sosial masyarakat. Kebudayaan daerah ini merupakan  bagian dari kebudayaan nasional. Usaha penggalian iventarisasi dan pengembangan kebudayaan daerah itu sendiri. 
Tidak hanya terbatas untuk memperkaya ragam, tetapi sekaligus sebagai usaha peningkatan secara kualitatif. Kebudayaan yang dimiliki oleh setiap daerah dimanapun merupakan unsur penting dari kebudayaan itu sendiri. Bahasa erat kaitannya dengan budaya bahasa merupakan  bagian dari kebudayaan yang menampilkan gambaran kehidupan dan sebagai pencerminan sistem sosial yang ada dalam masyarakat. 
Sejalan dengan hal tersebut bahwa kebudayaan  kita berkenaan dengan cara manusia hidup dan bagaimana manusia mengatur hidup-Nya.Manusia belajar berpikir, merasa, mempercayai dan mengusahakan apa yang patut menurut budaya-Nya, Misalnya : Persahabatan, kebiasaan makan, praktek komunikasi dan tindakan-tindakan sosial juga kegiatan-kegiatan ekonomi, dan politik, teknologi, semuanya itu berdasarkan budaya dan budaya didefinisikan sebagai tatanan pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai, sikap, makna, hirarki, agama, peranan, hubungan ruang dan konsep alam semesta.

Dari pernyataan tersebut dapat kita simpulkan bahwa kebudayaan kita mempunyai tata nilai kebudayaan daerah yang menunjukkan identitas yang harus dipelihara serta dikembangkan. Usaha semacam ini berguna bagi kebudayaan tersebut sebagai pendukung kepentingan kebudayaan nasional. Hal ini diharapkan kebijaksanaan pemerintah dalam bidang kebudayaan yang antara lain bertujuan pada unsur kebudayaan daerah melalui bahasa daerah sebagai sarana utama mencerminkan kehidupan daerah. 
Membicarakan tentang geografis dan budaya kita setidak-Nya telah membicarakan sistem nilai yang terkandung ditengah-tengah masyarakat yang dikenal dengan institusi geografis dan kebudayaan yaitu tata letak wilayah, cara manusia hidup berkelompok dengan mengatur hubungan antara satu dengan yang lain dalam hidup bermasyarakat, salah satu bentuk kebudayaan daerah yang diwariskan dan merupakan bagian kebudayaan daerah yang hidup ditengah-tengah masyarakat. 
Pewarisan budaya yang turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikut-Nya. Bila konsep sosial budaya digunakan untuk salah satu eksperesi kebudayaan akan mencerminkan juga adanya perubahan-perubahan dalam masyarakat. Pada sisi inilah budaya bertemu untuk saling memberi pengaruh, saling membutuhkan dan saling menentukan pertumbuhan dan perkembangan nilai dasar pada realitas sosial masyarakat yang ada di Kota dan  Kabupaten Kerinci.
Bila konsep sosial budaya ini digunakan untuk melihat realisasi dan realitas budaya maka budaya  adalah salah satu bentuk eksperesi kebudayaan menuju apreasi yang menghidupkan didalam-Nya mendapat dua tanggapan positif dan negatif dengan harapan bermuara pada pembangunan perangkat nilai yang built in pada realiatas kehidupan masyarakat. 
Pada saat inilah sosial budaya bertemu untuk saling membutuhkan, dan saling menentukan pertumbuhan nilai-nilai dasar kemanusiaan. 

(Ad). 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…