Jumat, 06 September 2019

Pengangkatan Situs Gunung Batuah|Kerinci TV


PENGANGKATAN SITUS GUNUNG BATUAH KERINCI


GUNUNG BATUAH 

Pertanyaannya kenapa diangkat Situs Gunung Batuah? Kenapa tidak tempat lain? Jawabannya adalah bahwa berdasarkan keunikan dan kekayaan alam yang berada dalam kawasan Gunung Batuah di Kabupaten Kerinci, sudah mempunyai alasan dan syarat untuk diusulkan menjadi situs warisan dunia yang diakui dan terdaftar pada UNESCO World Heritage.

Keberadaan danau-danau yang ada disekitar Gunung Batuah mempunyai keunikan tersendiri yang kepemilikan flora dan fauna di dalam dan disekitarnya sebagian besar berbeda diantara satu dengan lainnya. Sehingga keunikan tersebut akan menimbulkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan maupun kelompok peneliti atau kelompok-kelompok lain untuk terus menjaga daerah ini supaya keasliannya dapat dijaga dan kemanfaatan bagi umat manusia akan semakin besar. Di samping itu banyak situs-situs arkelogi yang terdapati di Kecamatan Gunung Raya, Kecamatan Bukit Kerman, Kecamatan Batang Merangin, Kecamatan Jangkat, dan Kecamatan Jaya (Bengkulu Utara) yang mengelilingi Situs Gunung Batuah tersebut. Keberadaan benda-benda arkologi yang begitu banyak dan sudah dibawah kendali Direktorat Jenderal yang membawahi kekayaan kepurbakalaan pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dari definisi wolrd heritage (warisan dunia) di atas, maka keunggulan yang dimiliki oleh lingkungan Gunung Batuah adalah berkaitan dengan: hutan, gunung, danau dan banyak benda peninggalan sejarah, bangunan tua, Pertamina Geothermal, flora dan fauna langka dan hampir punah di sekitarnya yang sebaiknya dikelola secara profesional dan diakui sebagai warisan dunia. Kalau tidak demikian, dikawatirkan banyak objek-objek yang sekarang sudah ramai dikunjungi oleh pelancong akan rusak atau hilang dari permukaan bumi.

Kebudayaan dan kondisi alam yang luar biasa pentingnya untuk kemanusiaan akan dijadikan warisan dunia dan akan dibiayai oleh World Heritage Fund. Di bawah kondisi tertentu situs yang sudah diakui akan disediakan dana pengembangan dan dana lain untuk kepentingan situs yang bersangkutan.

A UNESCO World Heritage Site adalah suatu tempatempat (seperti hutan, gunung, danau, pulau, gurun pasir, monumen, bangunan, kompleks, atau kota) yang terdaftar oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai kebudayaan khusus atau kepentingan fisik. Daftar dijaga oleh administrator program international world heritage oleh komite World Heritage UNESCO, yang terdiri dari 21 negara anggota UNESCO yang dipilih oleh the General Assembly.(Ad, dari segala sumber)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Get to know women who are to be proposed in Islam

 KNOWING WOMEN   WHICH WILL BE HUNGER   BEFORE MARRIAGE.   Application is the first step of a marriage. This has been prescribed b...