Senin, 04 November 2019

Kopi Arabica Kerinci dimata International|Kerinci TV

KOPI ARABIKA KERINCI DI MATA INTERNATIONAL


Untuk perkebunan kopi arabika kerinci sendiri terdapat di tiga kecamatan yaitu Gunung Tujuh, Kayu Aro dan Kayu Aro Barat sebanyak 629 hektare. Dengan dukungan yang baik dari pemerintah, kerinci telah mendapatkan MPIG (Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis). Dengan demikian tidak perlu diragukan lagi keorisinilitasnya.

Dari penelusuran tim peneliti BPTP Balitbangtan Jambi pada Rabu (9 Mei 2018) di sentra produksi kopi Arabika di Kecamatan Kayu Aro, Kayu Aro Barat dan Kecamatan Gunung Raya, diketahui ada beberapa cara pengolahan kopi yaitu full washed, dry hull, honey dan natural. Minat konsumen kopi tidak dipengaruhi dari empat cara pengolahan tersebut.  Hasil akhir pengolahan kopi yang paling diminati konsumen hampir semuanya dalam bentuk green bean dan sebagian kecil yang bentuk roasted bean (kalau ada permintaan saja). semuanya dalam bentuk green bean dan sebagian kecil yang bentuk roasted bean (kalau ada permintaan saja).
Kopi Kerinci diklaim memiliki citarasa 5 kopi 

terbaik Indonesia sekaligus dalam satu regukan. Kopi Arabika produksi Indonesia umumnya memiliki citarasa dari 5 jenis arabika yakni Sigarar Utang, Gayo, Andung Sari, S795, dan P88. Kopi asal Jambi ini memiliki skor sertifikasi kopi specialty sebesar 86.25.

Skor ini membuat kopi alam korintji ini sebagai kopi specialty grade. Uji sertifikasi ini dilakukan oleh pusat penelitian dan pengembangan kopi dan kakao Indonesia yang berlokasi di Jember, Jawa Timur, serta Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia pada tahun 2015 lalu.Pada tahun 1999 mulai ditanam kebun kopi dengan percobaan sebagian lahan warga. Dari percobaan tersebut terbinalah banyak petani dan bersepakat untuk mengembangkan tanaman kopi sampai kopi menjadi sumber daya alam yang menghasilkan. 

untuk tanaman kopi yang dibudidayakan di sini diketahui terdapat beberapa varietas yaitu sigararitang, andung sari, gayo, arabika s5795 dam arabika p88. Dari campuran banyak varietas tersebut tentunya memiliki nilai istimewa dari segi rasa yang didapat. Akan tetapi yang lebih dominan dan disenangi para petani karena hasilnya yang baik adalah varietas sigararutang.

Inilah kopi Arabika yang tercipta dengan flavour yang nikmat menyaingi kopi-kopi dunia ditanam di kawasan kaki gunung kerinci. Arabika kerinci kayu aro ini ditanam di atas ketinggian 1500 mdpl mempunyai kelebihan rasa spicy yang khas, juga didapatkan seperti asam lemon berpadu manis kopi. Perihal aciditynya sendiri kopi ini tergolong memiliki keasaman yang tinggi.

KERINCI  Bagi para penikmat kopi, sensasi rasa kopi Arabika memiliki nilai cita rasa tersendiri. Demikian juga dengan kopi Arabika asal dataran tinggi Kerinci yang mulai mendunia sebagai salah satu kopi dengan cita rasa terbaik dan telah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis. Kualitas dari rasa kopi Arabika Kerinci berawal sejak dari kebun, selama pengolahan dan sampai penyajian untuk dinikmati.

Di  Dunia internasional kopi ini dinamakan Korintji yang terkenal dengan nikmat keasaman yang tinggi dan manis alami. Pada tahun 2017 kopi kerinci mulai dikenal meluas karena dinobatkan sebagai pemenang predikat kopi specialty di tahun itu.
Berdasarkan penilaian juri,  Kopi kerinci kayu aro ini memiliki karakteristik :
Kopi Kerinci Notes :
Aroma: Rempah-rempah dan cokelat
Acidity: High
Body: High (mouthfull)
Flavour: Fruity, Lemony, Long aftertaste, Sweet.


Citarasa dan nilai ekonomi yang dimiliki oleh kopi kerinci, menjadikan jenis kopi ini sebagai salah satu item pembayaran pembelian pesawat tempur Sukhoi oleh pemerintah. Dilansir dari MoU pembelian Sukhoi, tercantum Kopi Alam Korinjti (Kopi Alam Kerinci)sebagai salah satu imbal dagang pembelian Sukhoi. 

Keputusan ini dianggap menguntungkan petani karena dapat meningkatkan daya jual kopi Arabika Kerinci ke pasar internasional. Selain meningkatkan daya jual, perjanjian tersebut dianggap mampu mengangkat pamor kopi arabika Indonesia di industri kopi internasional.

Pasca Panen Kopi Kerinci Kayu Aro
Di Kerinci pengolahan kopi dilakukan dengan ketat dan sangat baik agar terjaga kualitas. 

Dimulai dari pemetikan buah kopi setelah berubah berwarna merah saja dan dilakukan proses basah kopi. Proses basah ini menghasilkan kualitas kopi yang tinggi dan terkontrol rasanya.

Tropical Forest (TFCA-Sumatera) telah mendukung secara langsung proses pengolahan kopi di sini.
Memiliki 5 Citarasa Khas Kopi Terbaik Indonesia Dalam satu regukan.

Kopi Kerinci diklaim memiliki citarasa 5 kopi terbaik Indonesia sekaligus dalam satu regukan. Kopi Arabika produksi Indonesia umumnya memiliki citarasa dari 5 jenis arabika yakni Sigarar Utang, Gayo, Andung Sari, S795, dan P88. Kopi asal Jambi ini memiliki skor sertifikasi kopi specialty sebesar 86.25.

Skor ini membuat kopi alam korintji ini sebagai kopi specialty grade. Uji sertifikasi ini dilakukan oleh pusat penelitian dan pengembangan kopi dan kakao Indonesia yang berlokasi di Jember, Jawa Timur, serta Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia pada tahun 2015 lalu.

Dengan kita memperhatikan info tentang sumber daya yang dimiliki kerinci di atas tentu tidak membuat kita ragu untuk menikmati kopi arabika kerinci ini. Salah satu kopi terbaik dari nusantara yang mampu bersaing dengan kopi yang ada di dunia sampai kopi ini bisa untuk ditukar dengan pesawat sukhoi.

Festival Kopi Internasional Terpilih Menjadi Wakil Indonesia
Indonesia sebagai salah satu penghasil kopi terbaik dunia akan bersaing dengan negara lain dalam festival kopi Internasional di Vienna. Bukan hanya meraih predikat kopi specialty terbaik nasional dalam Kontes kopi spesialti Indonesia (KKSI) oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia dan Puslit Kopi Kakao, kopi arabica Kerinci juga berhasil berjaya pada event serupa di Budapest beberapa tahun lalu. Oleh karena itu, pada tahun 2018 ini, kopi Kerinci kembali dipilih sebagai salah satu produk unggulan perkebunan kopi Indonesia bersama kopi Gayo, kopi toraja, kopi Jampit dan kopi unggulan Indonesia lainnya.

Segeralah untuk menyiapkan kopi ini di rumah anda dan menyeduhnya dengan cara brewing terbaik menurut selera anda. Tubruk, filter, pour over atau bahkan espresso telah dilakukan sebagai pengalaman para barista yang telah mencoba kopi ini. Sebagian hanya untuk pour over saja, sebagian dari mereka untuk citarasa espresso khas kedai kopi mereka.

kopi asal kerinci ini memiliki Prestasi kopi arabika terbaik meraih predikat sebagai kopi terbaik nasional. Hal ini membuat kopi Kerinci mulai dipertimbangkan oleh Starbucks, kedai kopi terpopuler dunia, sebagai salah satu item kopi specialty yang disajikan pada kedai tersebut.

Salah satu standar kopi yang digunakan starbucks adalah kopi yang ditanam pada dataran tinggi. Kopi yang ditanam pada ketinggian diatas 1000 mdpl disebut memiliki karakter berupa citarasa, aroma dan tekstur yang terbaik. Kopi arabica Kerinci umumnya ditanam pada ketinggian diatas 1500 mdpl memenuhi kriteria tersebut. Selain itu, jenis tanah vulkanik yang subur juga membuat biji kopi  Kerinci lebih padat dan citarasa
green beans yang tinggi.

Rasa kopi khas coklat hitam nikmat berbaur keasaman sensasional menjadi daya tarik kopi ini untuk selalu dinikmati bersama kawan dan keluarga. Anda bisa memilih kopi ini dalam bentuk biji maupun bubuk sesuai dengan kebutuhan meja seduh. Kemasan rapat alufoil untuk menjaga kebaikan rasa yang ada dalam biji kopi ini.(Ad, dari segala sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Social and cultural geographic background of socially

SOCIAL AND CULTURAL GEOGRAPHIC BACKGROUND OF SOCIALLY    Kerinci Regency which is also called Sakti Alam Kerinci is a plateau ...