Rabu, 22 Januari 2020

Penjelasan Y tentang pinang meminang Kerinci|Berita Adat

PENJELASAN Y TENTANG PINANG MEMINANG  KERINCI
Illustration Deni S. Pd dan Selvi.SH,M.H

News Jambi,Menurut penelitian yang dilakukan salah seorang ahli Sastra Bahasa Kerinci yang berinisial Y tentang pinang meminang di Kerinci Y mengemukakan Bahwa pihak tengganai laki-laki mendatangi rumah perempuan dengan membawa cerana yang berisi sikapur sirih.


Sesampainya di tempat perempuan mereka dipersilahkan duduk ditikar dan biasanya ber tempat diruangan tengah, posisi duduk saling berhadapan Ujar Y.

Cerana yang diletakkan di tengah tengah kedua belah pihak. Sebagai pembukaan acara peminangan itu tangganai perempuan  menanyakan apa maksud kedatangan tamunya walau lah acara akad nikah itu oleh tengganai perempuan dengan Parno Helat adat.

Penjelasan yang di berikan Y tentang uraian adat yang Y sebutkan berupa pantun-pantun adat yang dibacakan mengandung makna yang sangat luas dengan isi pantun-pantun adat tersebut berisi nasehat.


Y menguraikan isi pantun-pantun tersebut dengan berirama dengan isi yang disampaikannya :

"Serapatlah kita diatas lantai yang disungkup atap,yang dilingkung dinding bersudut empat. Adapun kami akan melazimkan kata,dan menyampaikan dialog. Membilang sepanjang adat dan maksud sepengkalan pada malam ini menyumpit hendak dirasa dilidah mendorong hendak dirasa ditangan.

Didalam dialog adat tersebut ungkap Y adat yang sebenar-Nya adat yang dijelaskan secara berurutan. Adat yang bersandi syarak syarak bersandi kitabullah. Dan juga terlihat bagaimana aturan adat yang berjenjang naik bertangga turun.waris menjawab khalifah berjunjung. Adat tetap hidup selama masyarakat  pendukung-Nya, patah tumbuh hilang berganti tetapi adat tidak boleh hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prospek Desa Bersama Kades Pancuran Tiga|Berita Desa

PROSPEK DESA BERSAMA KADES PANCURAN TIGA Kerinci, Kades Pancuran Tiga salah satu kades yang memiliki kinerja kerja dibidang desa y...