Jumat, 07 Februari 2020

Jangan Minder jodohmu pasti ada|Resonansi Da'wah

JANGAN MINDER JODOHMU PASTI ADA



An-nisa' Ayat 4

وَءَاتُوا النِّسَآءَ صَدُقٰتِهِنَّ نِحْلَةً ۚ فَإِنْ طِبْنَ لَكُمْ عَنْ شَىْءٍ مِّنْهُ نَفْسًا فَكُلُوهُ هَنِيٓئًا مَّرِيٓئًا

Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.

Untuk menemukan titik tumpu sebagai sumbu dalam menemukan hakikat jodoh tentu masing-masing berbeda pendapat, ada yang diberikan jodoh pada usia yang masih belia, dan ada juga yang mendapat jodoh diusia menuju senja, karena ini sudah merupakan janji Tuhan pada setiap hambanya.

Jodoh itu dengan sendiri nya ada juga dari pihak keluarga yang menentukan bahkan ada yang menikah dengan keluarganya sendiri agar tidak terjadi percecokan diantara keduanya dalam membina rumah tangga yang harmonis.

Ada juga yang diberikan Tuhan jodohnya dari luar tempat domisilinya atau diluar daerahnya. Jadi kalau masalah tentang perjodohan tidak bisa kita takar-takar karena ia merupakan rahasia Tuhan.

Permasalahan tentang jodoh itu jika ada kesepakatan dari keluarga untuk menjodohkan misalnya si A dengan si W atau si M dengan si A dan si A dengan si I tentu harus ada kesepakatan keluarga dengan campur tangan kebesaran Tuhan sehingga dan agar mereka sejodoh dengan kata lain diketemukan dalam ikatan (buhul) yang kuat dengan nama lain pernikahan.

Jadi tentang jodoh bagi kita yang terlambat menikah jangan was-was sebab jodoh kita pasti ada dan Tuhan tidak akan memberikan beban pada setiap hambanya, dengan maksud memberikan ujian pada hambanya sesuai kadar kualitas iman seorang hamba.

Dan ketika kita mengatakan tentang jodoh pada kontek lahiriah jodoh adalah rahasia tersembunyi dari Tuhan, dan tidak bisa diatur oleh makhluk(manusia), telah termaktub di dalam Al-Qur'an tentang pertemuan dua insan yang berlainan jenis, kemudian kedua jenis tersebut dipertemukan, entah dibumi mana kita sebagai hamba biasa tentu tidak bisa mengetahuinya sesuai dengan Qodrat dan Iradat Tuhan semata untuk memberikan petunjuk pada tujuan yang sempurna dalam kontek tali(buhul) yang kokoh yaitu jodoh. 


Ar-Rum ayat 21

وَمِنْ ءَايٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذٰلِكَ لَءَايٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fakta sejarah wabah dunia|Sorot Dunia

MENGENAL SEJARAH  HISTERIS WABAH DUNIA Dilansir  Breaking News 5/4/20,ketika mewabah pada abad ke-14, Black Death membunuh 50 juta o...