Senin, 03 Februari 2020

Menggali Bahasa Incung Kuno Kerinci Di Sko Adat 5 Desa Tanjung Pauh Mudik|Aktual Sejarah

MENGGALI BAHASA INCUNG KUNO KERINCI DI LIMA DESA TANJUNG PAUH MUDIK


Kerinci,Bahasa INCUNG memang tak asing lagi diantara sejarawan Kerinci maupun manca negara yang digali oleh seorang peneliti berbangsa Jerman Ulu Kosok dengan menggunakan karbon untuk menghitung umur dan tahun yang terkandung dalam bahasa INCUNG tersebut di masa-masa yang lalu.

Kali ini kami tertuju untuk menggali kembali pada Lima perkampungan yang ada dikerinci yang konon  dalam sko adatnya tersimpan juga bahasa incung yang bertuliskan Arab Melayu. Lima perkampungan ini berada disebelah selatan yang menyimpan beribu misteri bail nuansa agama, adat dan juga sejarah yang tersembunyi dan kabar ini kami dapatkan dari salah satu Dosen yang ada di tanah negeri sejuk Kerinci. 

Ujar beliau sore kemren, bahwa dalam sko Lima Desa Tanjung Pauh Mudik juga terdapat tulisan Incung KUNO yang bertuliskan Arab Melayu. Untuk menggali ini lebih lanjut tentu tidak mudah, karena harus mengeluarkan sko lamo yang diturunkan biasanya hanya waktu kenduri sko(habis panen) dengan masa Lima tahun menurut adat.

Dengan itu kami berusaha dengan sekuat tenaga mengumpulkan data akurat tentang bahasa INCUNG kuno yang keasliannya juga berada di Desa anjung Tanah sebelah Timur. 

Namun  dengan data yang di kumpulkan dari orientasi kami dari salah satu Dosen di salah satu Univ. diKerinci bahwa memang ada berkas KUNO yang berada dalam sko adat Tanjung Pauh Mudik Lima Desa, yang merupakan tulisan INCUNG yang usianya kurang lebih dari 500 tahun, dan bahasa INCUNG ini ungkapnya lebih tua dari bahasa suku Indian yang berada di Amerika Latin.

Penggalian tentang bahasa INCUNG yang akan dibahas rupanya tidak semudah membalik telapak tangan, karena harus melihat sko adat yang diturunkan Lima tahun sekali setelah selesai panen atau menuai padi pada tahun mendatang.

Untuk selanjutnya tentang bahasa INCUNG yang berada di Lima Desa Tanjung Pauh yang konon bertuliskan tulisan Arab Melayu harus berkonsultasi dengan pemangku adat yang dituakan dengan sebutan Depati Anum(Tanang Santai). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prospek Desa Bersama Kades Pancuran Tiga|Berita Desa

PROSPEK DESA BERSAMA KADES PANCURAN TIGA Kerinci, Kades Pancuran Tiga salah satu kades yang memiliki kinerja kerja dibidang desa y...