Minggu, 08 Maret 2020

Hukum Adat dinilai Melanggar HAM|Runtuhnya nilai adat

HUKUM ADAT DINILAI
MELANGGAR HAM
Kerinci,Hukum adat yang masih berlaku di beberapa wilayah di Indonesia dinilai bertentangan dengan undang-undang maupun hukum lain yang berlaku serta mengabaikan hak-hak asasi manusia.

"Banyak sekali masyarakat yang tidak berdaya ketika dihadapkan dengan hukum adat," ucap Direktur Jenderal HAM Prof. Harkristuti Harkrisnowo.

Menurutnya, hukum adat yang berlaku di suatu masyarakat memang harus dihormati sejauh hukum adat tersebut tidak melanggar HAM khususnya hak-hak masyarakat yang sering dilanggar. "Kita tidak bisa menerima hukum adat seperti apa adanya karena ternyata beberapa hukum adat melanggar hak-hak dan kepentingan masyarakat tegasnya.

Sebagai contoh, paparnya, hukum adat yang Ada di Lima desa Tanjung Pauh Mudik Kerinci yang melarang hak masyarakat-Nya, dalam bidang hiburan pernikahan seperti tari rantak kudo,dan yang dibatasi waktu-Nya yang di tetapkan adat di desa setempat, dan juga dalam pernikahan desa setempat dalam hal mahar pernikahan mematokkan mahar dengan jumlah emas yang ditentukan oleh adat.


Untuk itu masyarakat mengharapkan dan berpendapat perlu adanya komunikasi intensif dengan tokoh-tokoh di daerah mengenai HAM agar pelanggaran HAM akibat hukum adat tidak terjadi kembali.(9/3/20) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makanan dan tanaman untuk cegah covid19(Corona)|Dokter sehat

MAKANAN DAN TANAMAN  UNTUK CEGAH  VIRUS COVID 19(CORONA) Dihimpun      oleh  : BREAKING NEWS(2/4/20)  Dokter Sehat, Beberapa ma...