Senin, 23 Maret 2020

Jalan Persawahan di desa Pancuran Tiga Kerinci, Satu kunci memajukan pertanian|Berita Desa


JALAN SAWAH  DESA PANCURAN TIGA KERINCI SATU KUNCI MEMAJUKAN PERTANIAN 
Kerinci, Pada beberapa waktu kemudian jalan pertanian tersebut selesai dibangun dan enak untuk dilalui. Jika tidak ada infrastruktur jalan pertanian, ongkos  pertanian jadi mahal karena hasil panen harus diangkut menggunakan tenaga manusia ke lokasi pinggir jalan terdekat. 


Bayangkan berkarung-karung hasil panen yang berat per karungnya bisa mencapai 60 kg (tergantung komoditi) harus diangkut manual ke pinggir jalan. Tentu memerlukan usaha, waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Kini petani tinggal menunggu waktu untuk hari bahagia di mana penghidupan baru untuk memetik hasil dari jerih payah setelah penanaman tiga bulan lalu, Panen padi menjadikan satu kebahagian yang yang selalu di tunggu dan di nanti semua petani, hari bahagia rasa nasi baru mewangi menusuk kalbu terasa indah tersenyum bahagia yang tak terkira.

Agusdiar.com(24/3/20) menghimpun data dari salah seorang warga(J).

Salah satu-Nya dengan dibangun-Nya jalan lintas Pertanian desa oleh Kepala desa dan perangkat desa Pancuran Tiga 3 tahun yang lalu sehingga dirasakan para pengrajin pertanian di desa Pancuran Tiga Kerinci, dan elok-Nya pula persawahan didesa Pancuran Tiga, berdekatan dengan salah satu Masjid.

Desa Pancuran Tiga berada di sebelah selatan dari Kota Sungai Penuh desa ini menjadi desa pengrajin penggiat pertanian yang besar,walaupun sebagaian masyarakat 98 persen pegawai di Instansi pemerintah negeri baik Kota maupun Kabupaten.

Lebih awal para penggiat pertanian di desa ini menanam padi di musim penghujan tahun ini, sawah para petani mulai terlihat hijau sejak pertengahan Januari 2020 lalu.

Sebagian besar umur padi mereka di desa ini antara 2,5 bulan sampai dengan 3-4 bulan, suatu pengharapan baru bagi masyarakat petani untuk segera menikmati hasil dari jerih payah mereka setelah nantinya genap 3 bulan untuk siap di panen, ujar salah satu warga penggiat pertanian  desa Pancuran Tiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fakta sejarah wabah dunia|Sorot Dunia

MENGENAL SEJARAH  HISTERIS WABAH DUNIA Dilansir  Breaking News 5/4/20,ketika mewabah pada abad ke-14, Black Death membunuh 50 juta o...